Momen Macan Tutul Jawa Tampak di Alas Purwo Banyuwangi, Ada 26 Ekor

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 16:36 WIB
Momen Macan Tutul Jawa tampak di Alas Purwo Banyuwangi
Macan tutul Jawa/Foto: Istimewa (Dok: Foto Rendra Des Kurnia)

"Pada tahun 2020 kamera trap ditambah menjadi 34 unit. Dan tahun 2021 kamera trap sudah terpasang sebanyak 68 unit di 5 klaster yang ditempatkan di barat, timur, utara, selatan dan tengah Alas Purwo," ujar Probo.

Pada tahun 2020, camera trap di Alas Purwo merekam adanya 26 Macan Tutul Jawa yang menjadi endemic di wilayah tersebut. Macan Tutul Jawa ini terlihat sehat dan bisa berkembang biak.

"Kegiatan perekaman dalam satu tahun dilakukan hanya sekali, yakni di bulan Oktober dan November. Pada tahun 2020 kita mendapatkan tangkapan hasil gambar macan tutul sebanyak 26 ekor," lanjut Probo.

Selama ini, kata Probo, belum ada laporan terkait temuan masyarakat adanya Macan Tutul Jawa yang keluar dari wilayah hutan. Karena, mangsa atau hewan yang menjadi makanan Macan Tutul Jawa masih melimpah di wilayah Alas Purwo.

"Masih melimpah (hewan mangsa). Belum ada laporan dari masyarakat terkait dengan adanya Macan Tutul Jawa yang berkeliaran. Kemarin ada laporan adanya hewan ternak kambing yang diserang, tapi bukan Macan Tutul Jawa ya, itu anjing liar," tambahnya.

Untuk saat ini, kata Probo, pihaknya terus melakukan patroli dan melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait Macan Tutul Jawa yang dilindungi pemerintah. Tak hanya itu, penelitian juga dilakukan oleh pihaknya bersama dengan masyarakat, stakeholder dan universitas di Indonesia.

"Tentu perlindungan Macan Tutul Jawa menjadi prioritas kami. Dan kita menggandeng stakeholder terkait dan juga universitas melakukan penelitian salah satunya adalah UGM," pungkasnya.


(fat/fat)