Momen Macan Tutul Jawa Tampak di Alas Purwo Banyuwangi, Ada 26 Ekor

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 16:36 WIB
Momen Macan Tutul Jawa tampak di Alas Purwo Banyuwangi
Macan tutul Jawa/Foto: Istimewa (Dok: Foto Rendra Des Kurnia)
Banyuwangi -

Kepunahan Harimau Jawa membuat Macan Tutul Jawa menjadi predator puncak di beberapa hutan di Pulau Jawa. Saat ini habitat populasi mereka dilindungi pemerintah. Bagaimana perlindungan Macan Tutul Jawa untuk di wilayah hutan di sisi Timur Pulau Jawa?

Beberapa hutan melakukan pemasangan camera trap untuk memantau langsung keberadaan Macan Tutul Jawa. Salah satunya adalah Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi.

Kasi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji menjelaskan pada tahun 2020 sebanyak 68 camera trap dipasang di habitat Macan Tutul Jawa Alas Purwo.

"Tahun 2020 ada 68 kamera trap kita pasang. Tapi mohon maaf demi keamanan kita tidak menyebutkan lokasi pemasangan," ujarnya kepada detikcom, Minggu (26/9/2021).

Luas area hutan lindung Taman Nasional Alas Purwo 43.420 hektar, meliputi dua wilayah kerja yaitu wilayah 1 Tegaldlimo meliputi Resort Rowobendo, Resort Pancur dan Resort Grajagan. Wilayah 2 Muncar meliputi Resort Kucur, Resort Tanjung pasir.

Camera trap ini tidak hanya digunakan untuk memantau Macan Tutul Jawa. Tapi juga binatang lain yang ada di Alas Purwo. Namun lebih khusus, diperuntukkan memantau perkembangan Macan Tutul Jawa yang ada di hutan sebelah Timur Pulau Jawa ini.