Bahagianya Penyandang Difabel di Sidoarjo Dapat Paket Sembako Usai Divaksin

Suparno - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 15:42 WIB
vaksinasi disabilitas di sidoarjo
Penyandang disabilitas di Sidoarjo mendapat sembako usai divaksin (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

100 Penyandang disabilitas di Sidoarjo mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama dengan jenis Sinovac. Mereka lebih bahagia lagi setelah divaksin mendapatkan paket sembako.

Vaksinasi terhadap puluhan disabilitas itu digelar di halaman Makodim 0816 Sidoarjo. Mereka sangat antusias mendatangi Makodim. Bahkan mereka datang lebih awal dari jadwal yang ditentukan.

"Kami merasa senang dan bahagia, bisa melaksanakan vaksinasi ini, lebih bahagia lagi kami mendapatkan paket sembako," kata Rumani (52) warga Desa Penambangan Kecamatan Balongbendo kepada detikcom, Sabtu (25/9/2021).

Rumani datang ke Makodim diantar suaminya Bambang (53) dengan menggunakan sepeda motor roda tiga. Hal yang sama juga dikatakan Bazar (53), warga Sidoarjo yang mengaku senang karena selama ini kaum difabel sangat kesulitan mendapatkan vaksinasi.

"Allhamdulilah saya bisa melaksanakan vaksinasi. Selama ini kaum difabel sangat sulit mendapatkan vaksinasi," kata Bazar.

Supriyanto (45), warga Desa Bungurasih Tengah juga merasa lega setelah mendapatkan vaksinasi. Supriyanto mengaku selama ini dirinya tidak bisa kemana-mana karena karena belum memiliki sertifikat vaksinasi.

"Merasa lega sekarang ini bisa kemana-mana, ternyata disuntik vaksin tidak terasa sakit, awalnya saya membayangkan sakit," kata Supriyanto.

Sementara itu Dandim 0816 Letkol Inf Muhammad Iswan Nusi mengatakan hari ini pihaknya melaksanakan kegiatan vaksinasi penyandang disabilitas se-Sidoarjo. Vaksinasi ini merupakan dosis pertama dengan jenis Sinovac.

"Ada sekitar 100 warga disabilitas di Sidoarjo yang hari ini melakukan vaksinasi. Kegiatan ini merupakan vaksin dosis pertama dengan jenis vaksin Sinovac," kata Iswan Nusi.

Iswan Nusi menjelaskan selain divaksin mereka juga mendapatkan bantuan paket sembako. Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan beberapa komunitas. Selama ini masih banyak masyarakat penyandang disabilitas yang belum terjangkau program vaksinasi dari pemerintah.

Maka pihaknya melaksanakan kegiatan ini untuk membantu warga penyandang disabilitas. Bagi warga penyandang disabilitas yang tidak bisa datang ke lokasi, pihaknya membentuk tim untuk menjemput mereka.

"Saat ini warga Sidoarjo yang sudah melaksanakan vaksinasi berjumlah 1,7 juta dengan jumlah penduduk 2.080.000 jiwa. Capaiannya hampir 65 persen," tandas Iswan Nusi.

(iwd/iwd)