Mahasiswa Unuja Probolinggo Borong Gelar Juara di Ajang Tingkat Asia

M Rofiq - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 12:55 WIB
Empat mahasiswa Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton, Kabupaten Probolinggo memborong juara Debat Bahasa Arab. Lomba tersebut digelar di IAIN Syeikh Nur Djati Cirebon.
Mahasiswa Unuja Probolinggo/Foto: Istimewa
Probolinggo -

Empat mahasiswa Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton, Kabupaten Probolinggo memborong gelar juara di ajang tingkat Asia. Salah satunya Debat Bahasa Arab.

Empat mahasiswa Unuja ini yakni Rizqi Aziz Febrianto, Muhammad Hasan Mutawakkil, Ahmad Fauzi Rahman dan Badrus Zaman. Mereka merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid (Unuja).

Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PBA ini memborong juara 1 dalam dua nominasi tingkat Asia. Rizqi, Hasan dan Fauzi yang tergabung dalam kelompok debat, meraih juara 1 kategori Debat Bahasa Arab se-Asia dengan perolehan poin 871,5. Ketiganya menyisihkan sejumlah mahasiswa kompetitor dari negara-negara tetangga. Seperti Malaysia yang keluar sebagai juara 2 dan 3.

Fauzi juga membawa pulang tropi juara 1 dari kategori Sardul Qishos atau bercerita dengan Bahasa Arab. Yang disusul Badrus Zaman sebagai runner up.

Hasan menceritakan, keberhasilan dirinya beserta tim tak lepas dari resep belajar yang sederhana. Dirinya bersama mahasiswa prodi PBA terbiasa menggunakan Bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari. Baik di kampus maupun di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Jadid.