Kota Blitar Pilih Terapkan Kebijakan Level 2 Meski PPKM Masuk Level 3

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 09:05 WIB
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Didik Jumianto
Kabid PPP Dinkes Kota Blitar Didik Jumianto (Foto: Erliana Riady/detikcom)

Prosentasi vaksinas di Blitar yang tercatat sampai Rabu (22/9), dari target sasaran vaksinasi sebanyak 115.850, Kota Blitar telah mencapai 88,58 persen untuk dosis 1. Sedangkan untuk dosis dua mencapai target sasaran sebanyak 55,75 persen. Dan dosis tiga khusus untuk nakes, telah mencapai 60,20 persen.

Sedangkan jumlah kasus baru selama sepekan ini, rata-rata di bawah angka 5. Bahkan dalam rilis Rabu (22/9) hanya tercatat satu kasus baru yang terjadi di Kota Blitar.

"Rilis bu gubernur sesuai data kemenkes, kami masuk level 2 dan berada di zona kuning. Jadi penerapan kebijakannya kami ikuti di level 2 juga," kata Wali Kota Blitar, Santoso.

Dengan diterapkan status level 2, lanjut Santoso, maka kebijakan yang diambil lebih melonggarkan aktivitas warga. Beberapa lokasi wisata mulai melakukan uji coba pembukaan, begitu juga waktu operasional tempat usaha dan proses pembelajaran tatap muka.

Dengan adanya kelonggaran ini, Santoso berharap warga Kota Blitar tidak terlena agar bisa turun status lagi menjadi level 1.

"Kami patut bersyukur dengan turun level, yang penting masyarakat jangan euforia, tetap prokes agar Kota Blitar bisa turun lagi ke level 1," pungkasnya.


(fat/fat)