Tinjau Vaksinasi di Bawean, Wagub Emil Apresiasi Santri dan Tokoh Agama

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 21:24 WIB
Wagub Emil memantau vaksinasi di Bawean
Wagub Emil memantau vaksinasi di Bawean (Foto: Dok. Pemprov Jatim)
Gresik -

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak meninjau proses vaksinasi di Pulau Bawean, Gresik yang digelar Bank Jatim bersama Pemkab Gresik dan OJK. Emil mengapresiasi antusias para santri melakukan vaksinasi.

"Saya berterima kasih atas partisipasi para santri, tokoh-tokoh agama yang mendukung proses vaksinasi ini," ujar Emil usai meninjau vaksinasi massal di STAIN Hasan Jufri Bawean, Gresik, Rabu (22/9/2021).

Emil yakin bahwa partisipasi pemuka agama dan santri dapat membawa keberkahan bagi masyarakat untuk keluar dari pandemi COVID-19.

"Ini ada motto yakni nderek ibu nyai, nderek kiai, saya yakin semua yang hadir di sini tertib. Tertib bermasker, tertib mengantre dan berani divaksin semuanya, luar biasa. Dunia pesantren, alim ulama, kiai, utamanya santri insyaallah akan berada di barisan terdepan menyukseskan kita keluar dari pandemi COVID-19," ungkap Emil.

Emil mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan hingga pandemi usai. Meski kasus COVID-19 sudah melandai, Emil tak henti menekankan prokes ke warga sampai WHO menyatakan pandemi ini menjadi endemi.

"Mudah-mudahan kita bisa mencapai target vaksinasi untuk melindungi masyarakat, kami ucapkan terima kasih sekali lagi kepada semua pihak yang sudah melakukan segala upaya untuk menyukseskan vaksinasi ini. Vaksinasi kalau sudah di atas 40 persen ini sudah bisa masuk ke level dua, dan di atas 60 persen bisa masuk ke level satu, insya allah vaksin ini sehat, aman dan halal," katanya.

Mantan Bupati Trenggalek ini juga menyampaikan apresiasi kepada pihak yang telah mewujudkan percepatan vaksinasi khususnya di Pulau Bawean Gresik.

"Upaya vaksinasi ini merupakan Kolaborasi OJK IV, BI Jatim, Pemkab Gresik dan Bank Jatim sebagai bagian dari keluarga Pemprov Jawa Timur, insyaallah Pemprov Jatim hadir untuk masyarakat Bawean meskipun kita terpisahkan oleh lautan kurang lebih dengan jarak 100 kilometer," ungkapnya.

"Ini saya nyuwun tulung kepada pak rektor dan kiai untuk membantu proses vaksinasi lansia. Ini harus digenjot agar Jawa timur dapat segera masuk ke level satu," sambungnya.

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman menyampaikan kegiatan vaksinasi massal ini untuk pertama kalinya diadakan di Pulau Bawean. "Kali ini terdapat 7.600 vaksin dosis ke 1 yang akan diberikan kepada pelajar SMP dan SMA Sederajat, serta masyarakat umum di wilayah Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak Pulau Bawean", terang Busrul.

Dalam kesempatan ini Bank Jatim juga melakukan penyerahan secara simbolis Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dengan target 7.200 pelajar yang ada di Pulau Bawean.

"Sampai dengan bulan Agustus 2021, pencapaian KEJAR yang telah dilaksanakan Bank Jatim sebanyak 57 ribu rekening dengan nominal 544 juta rupiah, semoga pencapaian ini terus meningkat seiring dengan terealisasinya KEJAR di Pulau Bawean," jelas Busrul.

Selain itu, bank Jatim juga melakukan launching QRIS untuk mempermudah para nasabah maupun masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan perbankan di wilayah Bawean dan sekitarnya.

Ketua OJK Kantor Regional IV Jawa Timur Bambang Mukti Riyadi menyampaikan bahwa vaksinasi massal ini merupakan komitmen kami dalam mendukung Pemprov Jatim untuk menyukseskan vaksinasi.

"Selain itu kami juga memiliki kepentingan terkait dengan program KEJAR, yaitu untuk memberikan pemahaman literasi keuangan khususnya kepada pelajar yang ada di Pulau Bawean. Kami yakin dengan adanya pemahaman literasi keuangan ini, masa depan masyarakat pulau Bawean akan lebih maju," terang Bambang.

(iwd/iwd)