Umat Konghucu Tuban Rayakan Tiong Ciu Pia dengan Sederhana Karena Pandemi

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 17:21 WIB
Umat Konghucu di Tuban berkumpul di Klenteng Kwan Sing Bio, Jalan RE Martadinata. Mereka merayakan Tiong Ciu Pia.
Perayaan Kue Bulan di Tuban/Foto: Istimewa
Tuban -

Umat Konghucu di Tuban berkumpul di Klenteng Kwan Sing Bio, Jalan RE Martadinata. Mereka merayakan Tiong Ciu Pia.

Karena masih pandemi COVID-19, perayaan digelar dengan sederhana, Selasa (21/9) malam. Umat sembahyang dengan memanjatkan doa terbaik.

"Pada momen Tiong Ciu Pia ini umat merayakan sederhana, ngeteh dan makan kue bulan. Juga berdoa untuk bangsa dan negara," ujar Ketua Penilik Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban, Alim Sugiantoro, Rabu (22/9/2021).

Menurut Alim, doa yang dipanjatkan adalah semoga pandemi COVID-19 segera berlalu. Sehingga ekonomi segera pulih, karena perekonomian berpengaruh pada kehidupan masyarakat.

Umat juga diminta terus mendukung upaya pemerintah dalam memutus penyebaran COVID-19, dengan menerapkan 5M. Seperti memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Doanya virus Corona segera sirna, perekonomian bisa pulih dan Indonesia bisa kembali bangkit dari pandemi COVID-19," jelas Alim.

Perayaan Kue Bulan diakhiri dengan menikmati seduhan teh dan kue bulan, yang telah dihidangkan di atas meja. Ada pula umat yang menikmati suasana bulan purnama.

(sun/bdh)