TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi 1.000 Santri Ponpes Nurul Jadid Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 14:57 WIB
vaksinasi di probolinggo
Vaksinasi di Ponpes Nurul Jadid (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Kodiklatal gelar serbuan vaksinasi untuk para santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo. Vaksinasi digelar untuk 1.000 santri usia 18 tahun ke bawah dan masyarakat sekitar.

Vaksinasi ini digelar dalam rangka HUT ke-76 TNI AL. Vaksinasi digelar untuk mempercepat proses kekebalan kelompok (herd immunity).

Dalam serbuan vaksinasi ini, Kodiklatal menerjunkan 43 tenaga kesehatan (vaksinator). Mereka berasal dari para prajurit Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal dan siswa Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Kodikdukum (Komando Pendidikan Dukungan Umum) yang berprofesi kesehatan. Selain itu, vaksinasi juga melibatkan tim medis dari Dinkes Pemkab Probolinggo.

Serbuan vaksinasi dosis pertama ini dilaksanakan selama satu hari dengan vaksin sinovac. Vaksinasi ini sesuai dengan program prioritas dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni agar mengerahkan seluruh upaya untuk berperan aktif mendukung program pemerintah dalam upaya penanganan COVID-19 di Indonesia.

Untuk menghindari penyebaran COVID-19 selama pelaksanaan kegiatan, TNI AL menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di antaranya mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. TNI AL juga mewajibkan seluruh peserta yang terlibat untuk melaksanakan tes swab sebelum berangkat dan masuk ke lokasi vaksinasi.

Kegiatan serbuan vaksin terhadap santri dan masyarakat sekitar pesantren ditinjau langsung oleh Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, para pejabat utama Kodiklatal, serta unsur Forkopimda Probolinggo dan Muspika Paiton.

"Serbuan vaksinasi prioritas kegiatan TNI AL, untuk percepatan pencapaian vaksinasi, guna menuju herd immunity, menuju Indonesia sehat dan kuat. Semoga dengan kegiatan vaksinasi ini penyebaran COVID- 19, segera selesai," kata Agus.

Pengasuh Ponpes Nurul Jadid Paiton Abdul Hamid Wahid mengucapkan banyak terimakasih ke jajaran TNI AL yang melakukan serbuan vaksin untuk santrinya demi mewujudkan kesehatan para santri di lingkungan pondok pesantren. Hamid mengatakan sejak ada penyebaran COVID- 19, pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat di lingkungan pondok sehingga Ponpes Nurul Jadid dinobatkan salah satu ponpes terbaik dalam penanganan COVID- 19.

"Terimakasih atas dukungan kesehatan yang dilakukan jajaran TNI AL yang melakukan serbuan vaksinasi untuk 1.000 santri. Semoga langkah ini bisa menjaga kesehatan di lingkungan pondok, sejak pandemi COVID- 19, kita terapkan protokol kesehatan super ketat, dan alhamdulillah Ponpes Nurul Jadid oleh PBNU dinyatakan pesantren terbaik dalam menangani penyebaran COVID- 19," kata Hamid.

Lihat juga video 'Wisata Kawah Putih Fasilitasi Pengunjung yang Belum Vaksin Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)