Bendungan Tugu Trenggalek yang Telan Anggaran Rp 1,8 T Mulai Diisi Air

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 16:01 WIB
Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas mulai melakukan pengisian awal (impounding) Bendungan Tugu, Trenggalek. Ini setelah dinyatakan lolos sertifikasi oleh Komisi Keamanan Bendungan.
Bendungan Tugu Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin/detikcom

"Yang paling penting adalah, Bendungan Tugu diproyeksikan mampu mereduksi banjir 42,47 meter kubik per detik," jelasnya.

Selain itu, bendungan di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Trenggalek ini memiliki sejumlah keistimewaan dibandingkan dengan bendungan lain. Salah satunya adalah lokasinya yang berada di tepi jalan nasional.

"Saya rasa ini memiliki nilai pariwisata yang bagus, apalagi dekat dengan rest area atau anjungan. Di sini juga ada Museum Bendungan, sehingga bisa jadi sarana edukasi," jelas Rizal.

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin menyambut baik rampungnya pembangunan Bendungan Tugu. Karena infrastruktur tersebut memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Trenggalek dan sekitarnya. Mulai irigasi, pengendali banjir, wisata hingga pembangkit tenaga listrik.

"Jadi, ini juga akan bermanfaat untuk pembangkit tenaga mikro hidro dengan kapasitas 0,4 MW, tapi juga ada potensi lain yakni pembangkit listrik tenaga matahari, dengan menempatkan solar panel di area bendungan," jelasnya.


(sun/bdh)