Gowes Walkot Sutiaji Terobos Obyek Wisata, Pakar: Contoh Buruk Bagi Masyarakat

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 15:48 WIB
Rombongan Gowes Pemkot Malang Paksa Masuk Pantai Malang Selatan
Rombongan gowes Walkot Malang Sutijai (Foto: Istimewa)
Malang -

Gowes bareng Wali Kota Malang Sutiaji bersama jajarannya hingga menerobos obyek wisata Pantai Kondang Merak, dinilai contoh buruk bagi masyarakat. Karena sebagai penegak aturan PPKM, justru melakukan pelanggaran.

Pengamat Kebijakan Publik, Wawan Sobari menyayangkan perilaku para pejabat di Pemkot Malang tersebut. Karena seharusnya pejabat pemerintah justru memberikan contoh baik pada masyarakat khususnya terkait PPKM.

"Tentu dampak kejadian ini, menurut saya cukup besar, artinya yang membuat peraturan atau yang seharusnya menegakkan aturan malah kemudian melanggar, efeknya lebih berbeda," kata Wawan Sobari kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

Wawan menilai hal yang dilakukan Pemkot Malang merupakan suatu pelanggaran. Sebab, masih berlaku PPKM Level 3 dengan penutupan obyek wisata.

"Sebenarnya sudah diakui oleh Pemkot Malang, bahwa itu salah satu bentuk pelanggaran. Artinya kalau kita melihat di situ ada yang jaga di lokasi pantai itu, kalau ada yang jaga artinya tidak boleh, jadi masuk kesana adalah sebuah bentuk pelanggaran. Tinggal nanti yang bisa nyatakan melanggar atau tidak tentunya adalah satgas," tegas pengajar di Universitas Brawijaya (UB) ini.

Menurut Wawan, apa yang dilakukan pejabat Pemkot Malang ini dikhawatirkan berdampak pada kepercayaan publik dalam penegakan aturan PPKM. Meskipun Pemkot Malang sudah secara gentle memberikan permintaan maaf dan siap melakukan proses hukum.

"Misalnya saat PPKM darurat ada beberapa pedagang dibubarkan, alasannya mereka untuk menunjang perekonomian mereka, tetapi mereka tetap ditertibkan. Sementara ini kan bagian yang ikut menegakkan aturan, tentu efeknya tidak baik, dalam tanda petik menurunkan kepercayaan publik dalam menegakkan aturan PPKM," tuturnya.

Simak video 'Viral Rombongan Gowes Walkot Malang ke Pantai Selatan':

[Gambas:Video 20detik]