Round-Up

Suroto Dapat 20 Ton Jagung dari Jokowi tapi Rela Bagi-bagi

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 07:33 WIB
Surabaya -

Penantian peternak Blitar, Suroto (51) terhadap janji Presiden Jokowi akhirnya terealisasi. Bantuan jagung tersebut langsung diserahkan di rumah Suroto oleh tim Advance President dan juga Forkopimda Kabupaten Blitar.

Beberapa truk itu membawa 20 ton jagung bantuan dari Jokowi. tim langsung mengirimkan ke Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Senin (20/9/2021). Begitu kiriman jagung tiba di depan rumahnya, Suroto mengaku sangat terharu dan bangga.

Presiden Jokowi dinilai merespons sangat cepat janjinya untuk memberikan jagung sebagai bahan pakan ayam ternak.

"Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi. Melalui sekretarisnya langsung menghubungi saya untuk mengirimkan jagung bantuan ini. Ini gratis lho," kata Suroto kepada wartawan di sela menerima bantuan dari Presiden Jokowi.

Baca juga: Dapat 20 Ton Jagung dari Jokowi, Suroto Seleksi Peternak yang akan Dibagi

Suroto mengaku dirinya mengambil secukupnya dan membagikan merata ke peternak ayam layer di desanya. Dia berharap, dengan bantuan jagung dari Presiden Jokowi ini, usaha ternaknya bisa bangkit kembali.

"Bantuan ini saya ambil secukupnya untuk ternak saya. Nanti saya akan bagi kepada peternak yang hampir punah di desa saya. Namun nanti saya tidak bisa mengatakan berapa dapatnya. Entah dapat satu karung atau dua karung, yang penting rata dan bisa mempertahankan ternaknya sebagai penghasilan sehari hari," tutur Suroto.

Suroto dan para peternak layer lainnya juga berharap, bantuan jagung secara gratis ini bisa berlanjut secara simultan. Berupa subsidi harga jagung kepada para petani, sehingga antara peternak dan petani tidak ada yang dirugikan.

"Semoga ini jadi awal yang bagus untuk turunnya harga jagung dan naiknya harga telur. Jadi peternak dan petani sama-sama dapat solusi," tambahnya.