ITS Gelar Kuliah Hybrid, Tatap Muka Masih Terbatas

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 20:26 WIB
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mulai menggelar perkuliahan hybrid di beberapa departemen. Kuliah tatap muka masih sangat terbatas.
ITS menggelar kuliah luring/Foto: Esti Widiyana/detikcom

Secara teknisnya, bidang akademik di ITS telah berkoordinasi dengan masing-masing departemen, terkait standar kelas yang digunakan untuk tatap muka sekaligus daring ini. Lewat dana dari kampus, departemen dapat mengelolanya sendiri dengan menyesuaikan kebutuhan kelas masing-masing.

"Selain itu, setiap departemen juga sudah mendapatkan informasi dan standar alat-alat yang digunakan. Mulai dari kamera, monitor serta peralatan penunjang yang digunakan agar mahasiswa yang menghadiri kuliah secara online (daring) tetap merasa nyaman. Tidak perlu menggunakan operator, karena dosen dan tendik (tenaga kependidikan) terkait sudah diberi pengarahan dalam pengoperasiannya," urainya.

Ashari berharap, ke depannya pelaksanaan perkuliahan hybrid ini bisa berjalan lancar. Sehingga akan ada penambahan kuota mahasiswa yang dapat berkuliah tatap muka baik dari Surabaya maupun dari luar kota.

"Pelan-pelan kita kembalikan suasana kampus seperti sedia kala, sehingga mahasiswa bisa senang dan sehat untuk berkuliah offline (luring) di kampus ITS ini," pungkasnya.


(sun/bdh)