Kiai Sepuh Jatim Perintahkan Muktamar NU Digelar Tahun Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 19:42 WIB
Pertemuan Kiai Sepuh Jatim
Pertemuan kiai sepuh Jatim/Foto: Istimewa
Kediri -

Sejumlah kiai sepuh di Jatim menggelar pertemuan. Turut diundang adalah Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar dan Katib Aam PBNU KH Yahya Kolil Staquf (Gus Yahya).

"Kami membicarakan sejumlah hal terkait isu-isu seputar Muktamar NU," kata salah satu Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Senin (20/9).

Pertemuan yang digelar di Pesantren Lirboyo, Kediri, Senin (20/9/2021 itu) diikuti sejumlah kiai di antaranya KH Anwar Mansyur dan KH Kafabihi Mahrus (Pesantren Lirboyo), kemudian KH Mutawakil Allallah (Pesantren Genggong Probolinggo), KH Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jatim), KH Ubaidillah Faqih (Pesantren Langitan), KH Safruddin Sarif (Probolinggo), serta sejumlah Kiai dan Gus.

Beberapa Gus yang turut hadir di antaranya Gus Kautsar (Pesantren Ploso), Gus Fahrurrozi (Malang), Gus Fahim (Ploso), Gus Abdus Salam Shohib (Jombang), serta Gus Athoillah Anwar (Lirboyo).

Menurut Gus Ipul, pertemuan selama dua jam lebih tersebut menyimpulkan beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti oleh PBNU.

"Sejalan dengan keputusan PWNU Jatim, kiai-kiai sepuh menginginkan muktamar bisa dilakukan 2021. Untuk itu PBNU diminta mempersiapkan sebaik-baiknya muktamar tahun ini. Ini semacam perintah bagi PBNU," kata Gus Ipul.

Simak juga 'Di Balik Alasan Ulama NU Ingin Presiden Dipilih MPR':

[Gambas:Video 20detik]