Aplikasi SINAR Gencar Disosialisasikan untuk Pembuatan SIM Online di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 19:13 WIB
polresta banyuwangi
Sosialisasi SIM Nasional Indonesia Presisi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Polisi sudah memulai program SIM Nasional Indonesia Presisi (SINAR), untuk pengurusan surat izin mengemudi (SIM) online di Banyuwangi. Dalam seminggu, sebanyak 70 pemohon perpanjangan SIM secara online telah dicetak dan didistribusikan kepada pemohon.

Korps Lalu Lintas atau Korlantas Polri telah meluncurkan aplikasi untuk pelayanan SIM online, yang dapat dimanfaatkan untuk perpanjangan dan pembuatan SIM baru, baik SIM A maupun SIM C. Untuk lebih dikenal masyarakat, Satlantas Polresta Banyuwangi menggelar sosialisasi sekaligus membagikan sembako kepada pengguna jalan di Simpang Patung Kuda, Banyuwangi, Senin (20/9/2021).

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan program SINAR efektif berlaku di Banyuwangi seminggu ini. Total ada 70 pemohon perpanjangan SIM yang sudah terlayani saat ini.

"Ada 70 orang yang sudah melakukan perpanjangan SIM online. Aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam mengajukan perpanjangan masa berlaku SIM secara online. Tidak perlu antre ataupun ke Satpas Prototipe," ujarnya kepada detikcom.

Aplikasi SIM online ini dikemas dalam pelayanan SIM Nasional Presisi atau SINAR. Layanan SINAR berada di dalam aplikasi bernama Digital Korlantas Polri.

Digital Korlantas Polri merupakan portal aplikasi seluruh layanan Korlantas Polri, termasuk di dalamnya pelayanan perpanjangan atau pembuatan SIM A dan SIM C (SINAR/SIM Nasional Presisi). Aplikasi Digital Korlantas Polri kini sudah bisa diunduh di Apps Store maupun Play Store. Aplikasi ini dibuat untuk mengurangi kontak langsung dan kerumunan masyarakat dalam pengurusan SIM pada saat pandemi COVID-19 ini.

"Tentu ini terobosan baru dari Kapolri untuk mengurangi penularan COVID-19 dari kontak langsung maupun kerumunan," pungkasnya.

Kanit Regident Polresta Banyuwangi AKP Kadek Aditya menambahkan untuk melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C online, pemohon harus mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri. Pada aplikasi tersebut, pilih icon SINAR atau SIM.

Setelah itu, klik perpanjangan SIM. Pemohon diminta memilih golongan SIM dan mengisi nomor SIM. Selain itu, data-data berupa foto KTP, foto SIM lama, foto tanda tangan dan pas foto harus dilampirkan dengan mengunggahnya di aplikasi tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi pengemudi.

"Pemohon bisa langsung menunggu SIM yang akan dikirim oleh Kantor Pos. Tapi sebelumnya juga pemohon harus melakukan pembayaran PNBP melalui virtual account Bank BNI," tambahnya.

Untuk lebih dikenal masyarakat, pihaknya menggelar kegiatan sosialisasi dan pemberian sembako ke pengguna jalan. Sasarannya adalah pengendara roda dua dan roda empat. Mereka membagikan flyer sekaligus memberikan infomasi mekanisme dalam pengurusan SIM online ini.

"Kegiatan ini juga dalam rangka HUT ke 66 Satlantas tanggal 22 September ini. Kami berikan sembako sekaligus sosialisasi terobosan baru pengurusan SIM via online," pungkasnya.

(iwd/iwd)