Puting Beliung Terjang 35 Rumah di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 13:25 WIB
Puting beliung menerjang Dusun Sumberjo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. Ada 35 rumah yang rusak parah hingga sedang.
Pohon tumbang diterjang puting beliung di Banyuwangi/ Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Puting beliung menerjang Dusun Sumberjo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. Ada 35 rumah yang rusak parah hingga sedang.

Puting beliung terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Puluhan rumah yang rusak berada di RT 01 dan RT 02 Dusun Sumberjo.

"Memang benar ada angin puting beliung di wilayah Desa Wringinagung. 35 rumah rusak parah hingga sedang," ujar Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto kepada detikcom, Minggu (19/8/2021),

Pihaknya meminta anggota Koramil sekitar melakukan kerja bakti untuk membantu warga, membersihkan puing-puing dan memperbaiki rumah yang rusak.

"Ada 50 anggota yang kita kerahkan untuk membantu warga," pungkasnya.

Kapolsek Gambiran AKP Suryono Bhakti mengatakan, puting beliung itu tidak sampai menelan korban jiwa. Menurut keterangan saksi mata, angin tiba-tiba datang dengan kencang. Warga kaget dan mencoba keluar rumah, karena suara angin sangat kencang mirip helikopter yang akan mendarat.

"Sebagian masih tidur. Sebagian lagi keluar rumah. Tidak ada korban jiwa. Hanya beberapa saja yang luka lecet karena panik keluar rumah," tambahnya.

Simak juga 'Angin Puting Beliung Terjang Permukiman Warga di Gowa':

[Gambas:Video 20detik]