Ada 4 Ledakan Rumah Pembuatan Bondet di Pasuruan Sejak 2007, 8 Orang Tewas

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 08:59 WIB
Ledakan keras menghancurkan dua rumah dan menewaskan dua orang di Kabupaten Pasuruan. Polisi menduga, sumber ledakan yakni bondet atau bom ikan.
Rumah di Kabupaten Pasuruan yang hancur akibat ledakan/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Sabtu, 11 September 2021, ledakan keras terjadi di rumah pembuatan bondet di Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Ledakan itu menewaskan dua orang.

Ledakan yang menghancurkan dua rumah itu bukan peristiwa yang pertama di Pasuruan. Ledakan rumah pembuatan bom ikan pernah tiga kali terjadi.

Pada 11 Agustus 2007, ledakan besar terjadi dari salah satu rumah pembuatan bom ikan di Jalan Erlangga, Kota Pasuruan. Akibat ledakan ini, 14 rumah rusak berat dan 15 lainnya rusak ringan. Ledakan ini menyebabkan tiga orang tewas, termasuk pemilik rumah.

Barang bukti yang ditemukan polisi jumlahnya tidak main-main. Kala itu polisi mengamankan 45,5 kg TNT dan beberapa kilogram bahan peledak campuran TNT. Polisi juga menemukan 6422 detonator dan 5834 selongsong detonator. Barang bukti tersebut ditemukan di puing ledakan dan di lokasi lain di Kelurahan Ngemplakrejo, Kota Pasuruan.