Persediaan 1.400 Kantong, Stok Plasma Darah Konvalesen Aman Setahun

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 22:46 WIB
donor darah di PMI Surabaya
Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Kasus COVID-19 di Surabaya dan Jatim terus menurun. Sama halnya dengan permintaan plasma konvalesen juga menurun, tidak lagi antre untuk mendapatkan plasma konvalesan, kini cukup mendaftar dan mengambil langsung di PMI Surabaya.

Kepala UDD PMI Surabaya, dr Budi Arifah mengatakan, stok plasama darah konvalesen di kantor PMI Surabaya banyak. Totalnya ada 1.400 kantong plasma darah konvalesen dan bisa untuk stok selama satu tahun.

"Ini bisa disimpan sampai satu tahun. Jadi nanti kalau ada yang membutuhkan sudah tidak perlu mengantre seperti bulan Juli - Agustus 2021 lalu," kata Budi kepada wartawan, Sabtu (18/9/2011).

Meningkatnya stok plasma darah konvalesen ini karena penurunan jumlah kasus COVID-19. Selain itu, total kesembuhan pasien juga meningkat, sehingga banyak penyintas yang donor.

Menurutnya, antusiasme penyintas untuk mendonorkan plasmanya sangat signifikan setiap harinya. Karena stoknya masih sangat melimpah, maka yang akan daftar akan dicatat terlebih dahulu datanya.

"Nanti, bila ada permintaan, baru pendonor tersebut kami hubungi. Begitu pula jika stok habis. Pasti kami hubungi," ujarnya.

Budi menambahkan, permintaan plasma darah konvalesen dari RS juga menurun, karena memang jumlah kasus juga lambat laun ikut menurun. Dari hasil evaluasi PMI Pusat, di tahun ini UDD PMI Kota Surabaya telah memberikan pelayanan donor plasma darah konvalesen kepada pasien COVID-19 sebanyak 16.750 kantong.

"Jadi sesuai dengan slogan kami di peringatan Hari PMI hari ini, yaitu Bergerak Bersama untuk Sesama. Kami pastikan stok plasma darah konvalesen aman selama setahun," pungkasnya.

(fat/fat)