Menparekraf Klarifikasi soal Menko Marves Larang Turis Backpacker ke Indonesia

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 22:22 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno
Menparekraf di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)

Ia mengatakan Indonesia terbuka untuk semua wisatawan asing selama menggerakkan roda perekonomian dan membuka lapangan kerja.

"Tinggal di Indonesia sebagai tamu dan kita akan berikan pelayanan terbaik dan pulang sebagai keluarga kita," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengaku sedang mempersiapkan skema pembukaan pariwisata Bali untuk internasional. Luhut berencana membuka Bali untuk wisman saat penerapkan PPKM Level 2.

"Kita lagi siapkan, kami sudah rapatkan di Jakarta kemarin, tadi sudah disampaikan ke Pak Gubernur (Bali Wayan Koster), kami sudah siapkan semuanya," kata Luhut seperti dikuti dari siaran pers Kemenparekraf.

Luhut mengatakan Indonesia akan menyaring wisman yang masuk ke Bali. Luhut tak ingin jenis wisman ala backpacker, tapi mencari wisman yang berkualitas.

"Selanjutnya turis yang datang itu kita saring. Kita enggak mau backpacker yang datang agar Bali itu bersih, orang yang datang berkualitas," kata dia.


(fat/fat)