Cegah Varian Mu dari TKI, Satgas Jatim Lakukan Penyekatan Terbatas

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 10:33 WIB
Tempat Wisata di Jatim akan Terapkan One Gate System
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Satgas Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI Provinsi Jawa Timur akan melakukan penyekatan secara terbatas di jalur darat. Penyekatan ini dilakukan untuk mencegah masuknya TKI tanpa pemeriksaan kesehatan lengkap, demi mewaspadai masuknya mutasi baru COVID-19 varian Mu.

Sebelumnya, SE No 74 tahun 2021, mengatur kedatangan penerbangan internasional hanya melalui dua bandara, yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sam Ratulangi Manado. Kini, TKI yang hendak pulang ke Jatim tak lagi mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"Kami pun mewaspadai adanya PMI asal Jawa Timur yang mungkin lewat perbatasan-perbatasan darat," kata Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (18/9/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Dansatgas PMI Jatim ini menambahkan penyekatan ini dilakukan di perbatasan Jatim dan Jateng, tepatnya di Ngawi.

"Misalnya masuk lewat Kalimantan begitu kemudian nyeberang nanti masuk ke Jawa Timur lewat darat. Nah ini kami akan melaksanakan penyekatan-penyekatan terbatas di perbatasan Jatim dengan Jawa Tengah yaitu di Ngawi," ungkapnya.

Di penyekatan tersebut, akan dilakukan pengecekan. Jika benar mereka adalah TKI yang pulang ke Jatim, Suharyanto menegaskan mereka akan langsung dibawa ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk dilakukan karantina dan pemeriksaan swab PCR.