Dua Petugas Pengisi Uang di Malang Bobol ATM yang Diisinya, Rp 498 Juta Raib

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 12:01 WIB
Pembobol uang ATM ditangkap Polresta Malang Kota. Dari aksinya, pelaku berhasil mencuri uang ratusan.
Dua pembobol ATM diamankan (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Pembobol uang ATM di Malang ditangkap. Dari aksinya, pelaku berhasil mencuri uang senilai Rp 498 juta. Ini diketahui setelah bank pemilik ATM menemukan kejanggalan transaksi keuangan dari hasil audit.

Pelaku yang ditangkap berjumlah dua orang. Mereka berinisial AF alias Toyib warga Pagak, Kabupaten Malang dan AP berdomisili di wilayah Wagir, Kabupaten Malang.

Tersangka AF sempat kabur setelah mengetahui dirinya diburu polisi. Setelah sempat berpindah-pindah tempat, AF berhasil ditangkap di wilayah Kabupaten Mojokerto, menyusul kemudian rekannya AP yang ditangkap di rumahnya.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, mengatakan, aksi pencurian yang diungkap sering kali terjadi. Kasus awalnya dilaporkan pada 25 Agustus 2021.

"Setelah menerima laporan, kami kemudian melakukan penyelidikan. Dalam sepekan, pelaku bisa terindentifikasi," kata Budi Hermanto dalam konferensi pers di Mapolresta Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jumat (17/9/2021).

Budi Hermanto mengungkapkan, aksi pencurian dua pelaku dilakukan selama kurun waktu Januari sampai Agustus 2021.

"Total uang yang dicuri sebanyak Rp 498 juta lebih. Pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara," ungkapnya.

Tonton juga video '2 Pria Bobol ATM di Magelang, Duitnya Buat Beli BMW-Bayar Utang':

[Gambas:Video 20detik]