Harapan Khofifah dengan Adanya ITS 5G Experience Center

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 21:05 WIB
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) me-launching laboratorium dengan kekuatan 5G. Yaitu ITS 5G Experience Center yang akan dimanfaatkan untuk mengembangkan inovasi dan riset.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) me-launching laboratorium dengan kekuatan 5G. Yaitu ITS 5G Experience Center yang akan dimanfaatkan untuk mengembangkan inovasi dan riset.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun tertarik, dan ingin kecepatan 5G juga terhubung ke pemerintahan Jatim. Khofifah berpesan kepada Rektor ITS Prof M Ashari, untuk 5G new hope bagi Jatim yang dari dulu ingin ada interconnected. Sebab akan mempermudah, mempercepat dan memurahkan dari seluruh interkoneksi di antara OPD, BUMD dan kabupaten/kota.

"Untuk percepatan layanan kesehatan, percepatan layanan pendidikan termasuk di dalamnya percepatan layanan dan informasi terkait kebencanaan," kata Khofifah usai meresmikan ITS 5G Experience Center di Gedung Robotik ITS, Kamis (16/9/2021).

Khofifah juga berharap, semua akan menjadi satu kesatuan yang bisa saling memberikan support. Seperti tagline Pemprov Jatim yaitu Cetar. Ada kecepatan, efektivitas, efisiensi, transparansi, tanggap, akuntabilitas, quick respons.

"Mudah-mudahan nanti untuk bisa mendapatkan percepatan layanan, terutama big data. Ini program yang sudah kita komunikasikan dengan ITS kita harap bisa dilakukan lebih cepat," jelasnya.

Bahkan, Khofifah juga ingin adanya kecepatan 5G ini menjadi hadiah. Baik untuk ITS sendiri, maupun untuk HUT Jatim dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Bulan depan HUT Provinsi Jatim, hadiah ITS 10 Nopember, hadiah untuk Jatim 12 Oktober. Artinya ada percepatan layanan memudahkan, memurahkan, dan memberikan respons lebih cepat," ujarnya .

M Ashari mengatakan, peluncuran ITS 5G Experience Center ini merupakan satu kolaborasi pendidikan dengan industri. Ini juga program Mendikbud Ristek, bahwa dunia pendidikan dan industri bekerja sama untuk menghasilkan yang lebih cepat lagi.

"Kalau ini adalah memperkenalkan teknologi 5G, baik aplikasinya, baik teknologinya. Lab 5G Experience ini untuk teknologinya, perkenalan, untuk pemanfaatan, riset dan inovasi. Ada berbagai macam. Jadi seperti ruang pamer," kata Ashari

Kemudian Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi ITS 5G Experience Center, di mana lab ini merupakan kolaborasi ITS dengan dunia digital dan industri. Ia juga berharap banyak terhadap ITS 5G Experience Center di sisi kemanusiaannya.