Hikmah Bagi Siswa Adanya Sarang Ular King Kobra di Sekolahnya

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 19:20 WIB
ular kobra di sekolah di banyuwangi
Belajar mengajar di MI Al A'la (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Teror ular king kobra menjadi hal yang berharga bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al A'la, di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Sebab dari temuan sarang dan ular king kobra di sekitar sekolah, mereka mendapatkan ilmu tentang jenis ular dan bagaimana mengantisipasinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Muhammad, salah satu siswa di MI Al A'la. Pihak sekolah memberikan pelajaran tentang bagaimana membedakan antara ular berbisa dan ular tidak berbisa.

"Kalau ular kobra itu ada racunnya. Tapi kalau ular piton itu tidak. Tadi dijelaskan sama guru," ujarnya kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Muhammad juga bisa sedikit menghalau ular yang akan menyerangnya jika bertemu di sawah atau di kebun. Caranya dengan mengusir dengan kayu atau benda di sekitar.

"Ya pakai kayu. Tidak boleh membunuh. Kalau kita usir pasti akan lari ularnya. Ndak takut sama ular tapi geli," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu guru MI Al A'la, Marhaban mengaku memberikan edukasi penting terhadap siswa agar tidak terlalu takut dengan adanya ular di sekitar sekolah.

"Mereka sebenarnya tidak takut. Namun kita beri pelajaran agar siswa bisa menghindar dari ular berbisa," tambahnya.

Saat ini pihaknya masih melarang siswa bermain di belakang sekolah, yang diduga menjadi sarang ular king kobra. Selain itu, pihaknya juga terus memantau dan waspada dengan meminta petugas kebun sekolah membongkar beberapa tumpukan sampah dan genting agar tidak menjadi sarang ular.