Catat! Nonton Bioskop Wajib Telah Divaksin Dosis Dua

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 18:16 WIB
XXI Royal Plaza
Bioskop XXI di Royal Plaza (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Sejumlah bioskop di Kota Pahlawan telah buka perdana mulai hari ini. Sejumlah syarat wajib dipenuhi bagi masyarakat yang akan menonton.

Di XXI Cinema Royal Plaza misalnya, selain wajib menerapkan protokol kesehatan. Penonton wajib telah divaksin dosis dua yang dibuktikan melalui aplikasi QR Code via PeduliLindungi.

Jika menunjukkan hasil QR Code warna hijau atau sudah divaksis dosis 2, maka penonton diperbolehkan masuk. Sebaliknya jika aplikasi masih berwarna kuning tidak diperbolehkan masuk.

"Wajib barcode ulang dan vaksin dosis 2. Kalau tadi masuk di pintu mal dosis 1 kali sudah bisa masuk tapi kalau mau ke bioskop wajib scan lagi dan harus dosis 2," kata petugas di XXI Cinema Royal Plaza, Kamis (16/9/2021).

Dendy (27), misalnya mengaku gagal menonton bersama temannya. Sebab, ia baru menerima vaksin dosis 1.

"Baru satu kali vaksin. Kan tahunya satu kali sudah bisa masuk mal. Ternyata harus scan lagi barcode di bioskop dan wajib vaksin 2 kali," tutur Dendy.

Meski demikian, ia mengaku tak terlalu kecewa. Sebab ia belum sempat memesan tiket menonton.

"Ya gak apa-apa. Namanya juga baru ngerti. Untungnya belum beli tiket," tukas Dendy.

Di hari pertama buka, bioskop XXI di Royal Plaza belum banyak dikunjungi penonton. Dari pengamatan detikcom, dari total keramaian 572 orang, hanya 43 pengunjung saja yang menonton.

Berbeda dengan XXI, jaringan bioskop CGV di Surabaya belum buka. Salah satunya CGV di Marvel City mall.

"CGV masih tutup. CGV di Surabaya, Gresik, Mojokerto masih belum buka hari ini," ujar penjaga di Marvel City mal.

"Kurang paham kenapa masih tutup. Tapi mungkin terkait kesiapan pembukaannya. Karena CGV di Kediri sudah buka hari ini," imbuhnya.

(iwd/iwd)