Cerita Pengawas Tes PPPK Guru Temukan Peserta Gaptek hingga Nangis Isi Soal Ujian

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 17:37 WIB
Pengawas ujian kompetensi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja PPPK) di Tulungagung menemukan sejumlah kejadian unik saat menjalankan tugas pengawasan.
Pengawas cek kesiapan peserta PPPK di Tulungagung (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)

Bahkan saking awammya terhadap teknologi informasi, beberapa peserta harus menunggu perintah langsung dari pengawas untuk memulai mengisi data hingga mengerjakan soal ujian PPPK. "Jadi ada yang nunggu aba-aba langsung. Padahal sudah menerima username dan password," imbuhnya.

Tak hanya itu, selama mengawasi ujian kompetensi tersebut pihaknya juga sempat dihadapkan dengan problematika yang lain. Salah satunya peserta yang lupa tidak membawa kacamata, sehingga kesulitan untuk mengerjakan.

"Kebetulan dari guru yang usia lanjut juga, sehingga agak lama mengerjakannya," imbuhnya.

Petugas mengaku telah memberikan instruksi dan arahan sebelum para peserta mengerjakan soal. Bahkan tahap demi tahap juga dijelaskan secara rinci oleh pengawas.

Agung mengaku, saat melakukan pengawasan ujian calon PPPK, Ia juga sempat menemukan adanya peserta yang menangis usai mengerjakan soal.

"Saat kami tanya, ternyata orang tuanya baru meninggal dunia dan nilai ujiannya di atas passing grade. Kami jadi terharu juga melihat itu," imbuhnya Agung.

Menurutnya selama empat hari terakhir proses ujian berlangsung lancar, sejumlah kendala teknis yang sempat mengganggu mampu teratasi dengan cepat. "Gangguannya kemarin itu ada hujan angin, sehingga listrik padam, tapi sudah antisipasi dengan genset dan UPS pada server," jelasnya.

Ujian kompetensi seleksi PPPK dari kelompok guru GTT di Tulungagung diikuti oleh sekitar 4.000 peserta. Mereka akan memperebutkan 1.300 formasi PPPK guru pada jenjang SD hingga SMA.


(fat/fat)