Dramatisnya Penyelamatan Seorang Nenek dari Kepungan Api yang Bakar Rumahnya

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 11:43 WIB
kebakaran di blitar
Kabakaran yang meludeskan rumah nenek Paini (Foto: Dok. Polres Blitar)
Blitar -

Seorang nenek berhasil diselamatkan ketika kobaran api membakar rumahnya. Nyawa sang nenek selamat, namun rumahnya luluh berantakan dengan total kerugian sekitar Rp 80 juta.

Peristiwa kebakaran hebat ini terjadi di rumah Paini (70), warga Desa Sumberagung Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar. Keterangan saksi mata yang merupakan tetangga korban, Dwi Mulyono (42), api mulai terlihat melahap bagian atap rumah itu Rabu (15/9) pukul 23.30 WIB.

Dwi yang tempat tinggalnya tepat di belakang rumah nenek Paini, mendengar suara sang nenek berteriak-teriak minta tolong. Begitu Dwi keluar rumah, dia melihat kobaran api telah membumbung tinggi.

kebakaran di blitarFoto: Dok. Polres Blitar

"Saya dobrak pintu depan yang terkunci. Begitu pintu jatuh, saya bisa masuk. Tapi api sudah membakar hebat ruang tamu. Mbah Paini sepertinya ada di belakang," tuturnya saat memberi keterangan kepada petugas Polsek Selorejo, Kamis (16/9/2021).

Dwi lalu berlari menuju bagian belakang rumah. Pintu belakang didobraknya, dan si nenek ditemukan dalam kondisi susah bernafas di tengah kebakaran di sudut ruangan bagian dapur. Dwi kemudian membopong tubuh renta Paini keluar.

Sementara, beberapa tetangga lainnya berupaya memadamkan api dengan cara manual. Namun upaya ini tidak berhasil. Si jago merah dengan cepat melalap bagian atap rumah yang berbahan kayu hingga runtuh semuanya. Satu unit PMK Pemkab Blitar kemudian datang dan api berhasil dijinakkan satu jam kemudian.

"Rumah terbakar habis berukuran 6 x 9 meter. Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 80 juta," kata Kapolsek Selorejo AKP Eddy Sumartono.

(iwd/iwd)