Waspadai COVID-19 Varian Baru, yang Sakit Harus Sadar Diri-Segera Isolasi

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 12:25 WIB
Surabaya -

COVID-19 varian baru menjadi kewaspadaan tersendiri di Indonesia. Bahkan Kemenkes sedang mengamati tiga varian virus Corona yang baru, agar nantinya tidak sampai masuk ke Indonesia.

Tiga varian COVID-19 itu ialah varian Lambda, varian MU, dan varian C.1.2. Untuk varian Lambda dan MU, telah dimasukkan kategori variant of interest oleh World Health Organization (WHO).

Menurut Dokter Anastesi dan Reanimasi, Dr dr Christrijogo Soemartono W SpAn KAR, masyarakat perlu waspada terhadap adanya varian baru yang terus bermutasi. Salah satu caranya yaitu orang yang sakit harus sadar diri dan segera melakukan isolasi.

"Sebenarnya adalah kesadaran yang sakit. Apalagi kapan hari sempat ada berita ada orang positif jalan-jalan ke mal. Itu kan penyebab (menular). Kalau yang sakit gak kemana-mana ya gak akan menulari ke yang lain. Karena setiap menular ke orang lain dia (virus) mutasinya akan berubah," kata Chris ketika dihubungi wartawan, Rabu (15/9/2021).

Chris juga meminta pihak terkait mewaspadai terkait kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) ke Indonesia. Para PMI ini harus menjalani karantina sesuai dengan UU Karantina agar tidak menyebarkan virus.

"Kita juga lebih ketat pada masyarakat yang datang dari luar negeri itu harus taat pada UU karantina. Kita karantina mereka sampai infeksinya tuntas, sampai sembuh. Jangan sampai kebobolan lagi, kalau kita kebobolan ya mutasi itu akan terus berkembang," jelasnya.

Selain itu, Chris mewanti-wanti masyarakat tetap harus disiplin protokol kesehatan dan tidak mengendorkannya meski kasus aktif mulai melandai. Hal ini agar virus tidak menular atau tertular dari orang lain.

"Orang Indonesia yang pulang dari luar negeri banyak. Sikap kita, anggap saja semua telah terinfeksi dan mempunyai kekebalan. Tapi Kekebalan itu juga bisa ditingkatkan lagi dengan banyaknya orang yang sudah di vaksin. Dan tetap disiplin prokes itu penting," pungkasnya.

(iwd/iwd)