Cerita Suroto Peternak Ayam yang Nekat Demo Solo saat Jokowi ke Blitar

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 09:29 WIB
Suroto, Peternak Blitar yang diamankan polisi saat kedatangan Jokowi bernasib mujur. Berkat kenekatannya membentangkan poster, dia diundang ke Istana Kepresidenan.
Suroto (Tengah) Peternak Blitar yang diundang ke Istana (Foto: Istimewa)
Blitar -

Nama Suroto mendadak viral di berbagai pemberitaaan. Peternak ayam petelur ini, nekad melakukan aksi demo solo saat Presiden Jokowi berkunjung ke Blitar.

Sosok Surotolah yang diamankan polisi saat dia membentangkan poster bertulisan 'Pak Jokowi bantu peternak beli jagung dengan harga wajar'. Pria tersebut membentangkan poster sambil berdiri di pinggir jalan saat mobil Jokowi melaju. Warga Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan ini, tiba-tiba muncul di antara kerumunan warga yang melambaikan tangan saat mobil yang ditumpangi Jokowi keluar dari areal PIPP menuju Makam Bung Karno (MBK), Selasa (7/9/2021).

Informasi yang dihimpun detikcom, kedatangan Presiden Jokowi ke Blitar menjadi momentum para peternak untuk mengadukan nasibnya. Namun harapan mereka untuk bisa bertemu dan menyampaikan keluh kesah ke Jokowi seperti hal yang mustahil dilakukan.

Akhirnya, dalam grup aplikasi percakapan peternak layer, ada yang punya ide menyuarakan keluhan dengan media tulisan. Mereka yang memang berani bersuara, sepakat membawa kertas karton dengan beragam tulisan. Setidaknya ada 9 peternak yang menyatakan siap turun ke jalan. 9 Orang peternak ayam yang sedang berkumpul di sebuah warung kopi Jalan Kalimantan sempat didatangi aparat keamanan.

Simak video 'Polisi Amankan Seorang Pria Saat Jokowi Kunker di Blitar':

[Gambas:Video 20detik]