Tambah 3, Daerah Level 1 di Jatim Kini Jadi 6 Kabupaten/Kota

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 19:33 WIB
Surabaya -

Berdasarkan assesmen situasi COVID-19 dari Kemenkes RI, kabupaten/kota dengan level 1 di Jawa Timur bertambah. Artinya, penanganan COVID-19 di Jatim mulai terkendali dan mengalami penurunan kasus.

Sebelumnya, ada tiga wilayah di Jatim yang masuk level 1 yakni Lamongan, Pasuruan dan Tuban. Kini, ada enam wilayah yakni Sidoarjo, Pasuruan, Lamongan, Jember, Gresik dan Banyuwangi.

Data assessment situasi COVID-19 ini diakses pada 13 September 2021 pukul 15.00 WIB. Tak hanya itu, Jatim juga terbebas dari level 4. Tinggal 13 kabupaten/kota yang bertengger di level 3 dan 19 kabupaten di level 2.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengaku bersyukur atas capaian ini. Khofifah menyebut penurunan kasus ini tak lepas dari kerja keras sejumlah pihak.

"Alhamdulillah, assesmen COVID-19 level 1 di Jatim bertambah menjadi 6 daerah, level 2 tercatat 19 daerah dan level 3 tercatat 13 daerah," kata Khofifah di instagramnya @khofifah.ip yang dilihat detikcom di Surabaya, Senin (13/9/2021).

Kendati demikian, Khofifah berpesan masyarakat tidak lekas puas sehingga abai akan protokol kesehatan. Khofifah ingin masyarakat tetap disiplin menjaga prokes.

"Mohon semakin disiplin jaga prokes. Salam sehat semangat dan guyub rukun," pungkasnya.

Berikut wilayah berdasarkan assessment situasi COVID-19 di Jatim:

Level 1
Sidoarjo, Pasuruan, Lamongan, Jember, Gresik dan Banyuwangi.

Level 2
Tuban, Sumenep, Situbondo, Sampang, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Madiun, Kota Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu, Kediri, Jombang, Bojonegoro, Bangkalan.

Level 3
Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Magetan, Lumajang, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Bondowoso, Blitar.

(hil/fat)