Pencari Ikan Hilang Tenggelam di Sungai Brantas Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 14:59 WIB
Pencari ikan hilang di Sungai Brantas Desa Tanggungkramat, Kecamatan Ploso, Jombang.
Pencarian pencari ikan yang hilang di Sungai Brantas/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Jombang -

Pencari ikan hilang tenggelam di Sungai Brantas Desa Tanggungkramat, Kecamatan Ploso, Jombang. Saksi mata melihat keganjilan saat pria yang belum diketahui identitasnya itu tenggelam.

Kepala Desa Tanggungkramat, Widha Dwi Priyatno mengatakan, peristiwa itu terjadi pagi tadi sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu, Samsuri (45) dan Hendi (27), warga setempat mencari ikan di Sungai Brantas menggunakan perahu.

Menurut Widha, kedua warganya itu melihat seorang pria muda yang juga mencari ikan untuk pakan kura-kura di Sungai Brantas. Jarak antara Samsuri-Hendi dengan pria misterius itu sekitar 30-50 meter.

"Korban sendirian mencari pakan kura-kura. Tiba-tiba korban menginjak tempat yang dalam sehingga terpeleset tenggelam di Sungai Brantas. Sempat diteriaki saksi mata supaya kembali, tapi tidak merespons," kata Widha kepada wartawan di lokasi, Senin (13/9/2021).

Ia menjelaskan, banyak lubang yang dalam bekas penambangan pasir di dasar Sungai Brantas Desa Tanggungkramat. Sehingga tempat ini sangat berbahaya bagi orang yang tidak piawai berenang. Ia mencatat terjadi 3 kali orang tenggelam di lokasi yang sama dalam tiga tahun terakhir.

"Dekat dengan makam leluhur Dusun Kramat, Mbah Nganten, memang dikeramatkan oleh warga. Saya kira tidak ada hubungannya dengan kejadian orang tenggelam ini," terangnya.