Ini Kata Mensos Saat Hadiri Simulasi Gempa dan Tsunami di Pacitan

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 21:49 WIB
Pacitan memiliki potensi besar terhadap gempa dan tsunami. Kesiapsiagaan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko jika bencana terjadi.
Menteri Sosial Tri Rismaharini di Pacitan/Foto: Purwo Sumodiharjo

Penanganan bencana juga tidak boleh menanggalkan aspek kemanusiaan. Warga penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama untuk selamat. Hal itu secara khusus menjadi tugas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

"Disabilitas jangan sampai tidak tertolong," terangnya pada kegiatan yang juga dihadiri Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Risma pun memberikan tugas khusus kepada PSM dan TKSK. Mereka diminta mendata domisili disabilitas dan lansia. Yakni dengan menentukan titik rumahnya lalu memberinya tanda. Untuk mempermudah identifikasi akan ditempelkan stiker di rumah-rumah tersebut.

Kedatangan Mensos ke Kota 1001 Gua untuk menghadiri Apel Kesiapan Simulasi Uji Rambu dan Tempat Evakuasi Sementara. Selain menyaksikan simulasi melalui layar video, mantan Wali Kota Surabaya itu juga menyempatkan diri meninjau beberapa titik tempat warga melakukan gladi lapang.

"Minimal masyarakat tahu ke mana harus lari saat terjadi itu, na'udzubillah min dzalik. Supaya tidak kacau," ucap Risma menjawab pertanyaan detikcom terkait evaluasi hasil simulasi.


(sun/bdh)