Saat Ledakan Keras, Banyak Warga Pasuruan Teriak 'Tsunami' Lalu Azan

Muhajir Arifin - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 12:13 WIB
Pasuruan -

Ledakan keras menghancurkan dua rumah dan menewaskan dua orang di Kabupaten Pasuruan. Saat ledakan terjadi, banyak warga yang teriak 'tsunami' lalu azan.

Ledakan terjadi di Dusun Macan Putih, Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondangwetan sekitar pukul 08.00 WIB. "Ledakannya sangat keras, warga teriak 'tsunami, tsunami'. Banyak warga berhamburan dan azan," kata Ketua RT 01 Dusun Macan Putih, Murtadho di lokasi, Sabtu (11/9/2021).

Berdasarkan penuturan sejumlah warga, setelah ledakan keras, kondisi sekitar lokasi gelap. Kondisi gelap disebabkan abu dari 2 rumah yang hancur.

"Seketika kondisi gelap. Setelah kondisi terang, orang-orang datang menolong Pak Ghofar dan yang lain," ujar Citra, salah satu warga.

Ghofar merupakan pemilik salah satu rumah yang hancur. Dia meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Seperti diberitakan sebelumnya, ledakan keras menyebabkan 2 rumah hancur. Selain itu ada belasan rumah yang mengalami kerusakan ringan di bagian atap, plafon dan kaca.

Ledakan keras itu juga menyebabkan 2 orang tewas. Satu orang meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit, dan satu orang lagi meninggal terkubur reruntuhan. Juga dilaporkan ada 2 penghuni rumah hancur yang terluka parah.



(sun/bdh)