Begini Persiapan Destinasi Wisata di Banyuwangi Jelang Dibuka

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 19:18 WIB
Destinasi Wisata Banyuwangi Terkait Rencana Pembukaan
Wisata di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)

Untuk mencapai kuantitas tourism ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menekankan agar pengelola wisata memberlakukan penerapan protokol 5M yang super ketat. Selain itu, pengelola wisata wajib mengkampanyekan agar masyarakat mau melakukan vaksinasi sampai tuntas serta mentaati aturan-aturan penanggulangan wabah COVID-19.

"Prokes harus ketat, pembatasan kapasitas wisatawan, pengelola wajib menjadi agen pencegahan penularan COVID-19. Dan wajib pakai aplikasi Pedulilindungi atau sudah vaksinasi," jelasnya.

Selain membuka seluruh destinasi wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi juga memperbolehkan hotel/restoran/toko/mall/rumah makan dan sejumlah pedagang emperan membuka usahanya kembali.

"Masih akan kita rapatkan dahulu terkait kapan pembukaan wisata ini. Nanti akan disusul juga dengan surat edaran bupati untuk kebijakannya. Destinasi kan juga butuh waktu untuk persiapan," tambahnya.

Terkait rencana normalisasi perekonomian masyarakat di sektor wisata ini, Bramuda juga telah berdiskusi bersama dengan seluruh pengelola wisata, pemilik hotel/restoran/UMKM yang ada.

"Terkait bagaimana teknisnya sudah kita diskusikan bersama dan alhamdulillah disambut baik oleh semuanya. Dengan kerjasama yang baik semoga perekonomian teman-teman wisata bisa pulih dengan cepat," ujarnya.

Sedangkan untuk restoran atau warung makan, menurut Bramuda sudah bisa kembali membuka layanan makan di tempat. Akan tetapi, pembatasan jam operasional dan pembatasan kapasitas pembeli masih harus dipenuhi.

"Sudah bisa makan di tempat, tapi dengan batas waktu dan meja yang disediakan juga terbatas serta berjarak. Secara rinci nanti akan diatur melalui surat edaran Bupati Banyuwangi," pungkasnya.


(fat/fat)