Kampung Blekok Situbondo Masuk Nominator Anugerah Desa Wisata Kemenparekraf

Chuck Shatu Widarsa - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 07:19 WIB
kampung blekok situbondo
Kampung Blekok Situbondo (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Situbondo -

Kawasan ekowisata bernama Kampung Blekok di Situbondo dihuni ribuan burung. Kawasan ini akhirnya masuk nominasi Desa Wisata Indonesia.

Dalam even yang dihelat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kampung Blekok di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo, masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 bersama sejumlah desa di Indonesia.

"Kampung Blekok masuk 50 besar penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, ini prestasi luar biasa," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Sinarto, saat berkunjung ke Kampung Blekok.

Sementara Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengaku akan meningkatkan potensi wisata Kampung Blekok tersebut. Karena kawasan ini juga bisa dijadikan wahana edukasi alam maupun eduwisata.

"Ini patut disyukuri. Kawasan itu juga bisa jadi kawasan berikat, yang dapat meningkatkan geliat perekonomian warga sekitar kawasan tersebut," papar Karna Suswandi, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (6/9/2021).

Oleh sebab itu, pihaknya akan melibatkan semua pihak di jajarannya untuk bersama menjadikan kawasan ini sebagai eduwisata. Artinya, bukan hanya menjadi tanggungjawab dinas pariwisata setempat.

Selain itu, produk ekonomi kreatif masyarakat setempat tetap jadi perhatian, agarl mampu bertahan di tengah krisis ekonomi akibat pandemi. Bahkan, produk kerajinan masyarakat setempat dikirim ke beberapa daerah hingga ke luar negeri.

Data dihimpun, pada tahap awal Kemenpar Ekraf menjaring 1.831 desa wisata se-Indonesia. Lalu disaring lagi menjadi 300 desa. Kemudian jadi 100 desa. Saat ini sudah masuk 50 besar.

Simak juga 'Mampir ke Kampung Blekok, Desa Pengrajin Kayu di Situbondo':

[Gambas:Video 20detik]