5 Lumba-lumba Terdampar di Pantai Sidem Tulungagung, 2 Ekor Mati

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 05 Sep 2021 14:50 WIB
Lumba-lumba Terdampar di Pantai Sidem Tulungagung
5 Lumba-lumba terdampar di pantai (Foto: Istimewa)
Tulungagung -

Lima ekor lumba-lumba terdampar di kawasan Pantai Sudem, Kecamatan Besuki, Tulungagung. Dua di antaranya mati dan satu dalam kondisi lemas.

Salah seorang penjaga Pantai Sidem Yanto Eses, mengatakan lima lumba-lumba tedampar dalam kurun waktu dua hari terakhir. Pada Sabtu (5/9/2021), pihaknya menemukan dua ekor lumba-lumba dalam kondisi mati.

Sedangkan Minggu pagi sekitar pukul 06.30 WIB warga kembali menemukan tiga ekor lumba-lumba dalam yang tedampar di Pantai Sidem.

"Untuk yang tiga hari ini, dua di antaranya berhasil diselamatkan oleh warga dan wisatawan. Alhamdulillah sudah ke tengah," kata Yanto saat dikonfirmasi. Minggu (5/9/2021).

Sementara itu satu ekor hingga saat ini masih berada di kawasan pantai. Warga telah berulang kali berusaha mendorong lumba-lumba itu ke tengah, namun kembali ke tepi terbawa ombak.

"Kendalanya memang ombaknya agak besar tidak seperti biasanya. Dulu itu ada yang sempat tedampar tapi bisa diselamatkan, nah yang satu ini sulit dan agak meronta ronta," imbuhnya.

Saat ini kondisi satu ekor lumba-lumba terdampar mulai lemas. Pihaknya berharap ada upaya evakuasi dari tengah, sehingga bisa terselamatkan. "Kalau dari pinggir sulit, nggak kuat sama arusnya, karena kekuatannya tinggal 50 persen," imbuhnya.

(fat/fat)