Warga Duga Perusakan Makam di Banyuwangi untuk Buka Lahan Pemakaman Baru

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 20:00 WIB
pengrusakan makam di banyuwangi
Makam desa yang dirusak (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Puluhan makam di TPU Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi dirusak orang tak dikenal. Makam-makam itu rusak di bagian nisan dan sebagian lagi terbongkar. Warga menduga, perusakan makam itu sengaja dilakukan untuk membuka lahan pemakaman baru karena lahan itu sudah penuh.

Rusaknya puluhan makam itu, diketahui warga Sabtu (4/9/2021) siang. Warga mengetahui saat salah satu sanak saudara mereka akan nyekar ke salah satu malam di TPU tersebut.

Rini, salah satu warga yang mengaku makam kerabatnya dirusak menduga perusakan itu sengaja dilakukan untuk membuka lahan baru karena lahan makam sudah hampir penuh.

"Mungkin ya karena penuh. Bisa jadi dirusak untuk lahan makam baru," ujarnya kepada wartawan.

Rini mengaku ayahnya yang dimakamkan di TPU tersebut merupakan tokoh yang memperjuangkan adanya lahan makam tersebut.

"Yang memperjuangkan adanya makam itu salah satunya adalah ayah saya. Masa dirusak gitu makamnya," keluhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Yosomulyo, Joko Utomo membenarkan adanya perusakan makam di wilayahnya. Dirinya mengaku kaget karena hal ini baru pertama kali terjadi selama dirinya menjabat. Saat ini pihaknya membentuk tim untuk melakukan penyelidikan.

"Kaget saya. Baru pertama kali selama saya menjabat. Saat ini kami bentuk tim untuk mengetahui duduk permasalahan," tambahnya.

Untuk saat ini, pihaknya belum melaporkan perusakan makam ini ke aparat kepolisian. Namun jika hal itu diperlukan, pihaknya akan melaporkan hal tersebut ke Polsek Gambiran.

"Belum. Kita akan mencari informasi dulu di lapangan. Jika memang perlu (laporan) nanti akan laporan ke Polsek," pungkasnya.

(iwd/iwd)