Kadin Surabaya dan EO Geber Vaksinasi Demi Percepat Pemulihan Ekonomi

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 19:50 WIB
kadin surabaya
Kadin Surabaya dan EO Indonesia East Chapter gelar vaksinasi gratis (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Salah satu cara mendorong kekebalan tubuh serta percepatan pergerakan ekonomi di Kota Pahlawan adalah dengan cara percepatan vaksinasi. Oleh karena itu, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Surabaya bersama Entrepreneur's Organization (EO) Indonesia East Chapter mendukung Pemkot Surabaya menggelar vaksinasi COVID-19 secara gratis untuk kalangan usaha termasuk UMKM.

"Terima kasih Wali Kota Surabaya Bapak Eri Cahyadi atas dukungannya. Bersama-sama kita kembali pulihkan ekonomi Surabaya. Semakin banyak warga tervaksin, insyaallah akan semakin terlindungi, dan otomatis juga kembali menggerakkan ekonomi," kata Ketua Kadin Surabaya M. Ali Affandi di sela-sela program vaksinasi 'Merdeka dari COVID-1' di JX International, Sabtu (4/9/2021).

Andi, sapaan akrabnya, mengatakan target utama pelaksanaan vaksinasi ini ada beberapa, seperti pengusaha, karyawan, dan keluarganya yang bekerja di Surabaya.

"Yang utama dalam penanganan pandemi adalah kolaborasi, gotong royong. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Terinspirasi itulah, Kadin dan EO bersama-sama menggelar vaksinasi ini, atas dukungan penuh dari Wali Kota Eri Cahyadi," ujarnya.

Selain perusahaan skala besar, UMKM pun juga bisa mengikuti vaksinasi ini. Menariknya, setelah vaksin, peserta mendapat bingkisan dan es krim.

"Perusahaan seperti Gojek dan Jd.id juga join dalam kegiatan ini. Sasarannya memang menyeluruh karena segmentasi usaha di Surabaya sangat luas serta berkaitan dengan adanya syarat vaksin untuk masyarakat ketika berkegiatan. Ini juga sekaligus untuk menghindari klaster perusahaan," jelasnya.

Sementara Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan jika kalangan korporasi memang harus ikut membantu dalam menanggulangi masalah COVID-19. Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan perusahaan dan vaksinasi untuk karyawannya.

"Memang merupakan tantangan tersendiri melakukan vaksinasi untuk warga yang bekerja di Surabaya. Kita bersyukur gotong royong para pengusaha sangat membantu Pemerintah Kota Surabaya dalam percepatan vaksinasi," kata Eri.

President EO Indonesia East Antony Harsono menjelaskan penyelesaian COVID-19 seharusnya dilakukan secara gotong royong antara pelaku usaha dan pemerintah.

"Oleh karena itu kami berkolaborasi dengan Kadin Surabaya dan didukung Pemkot Surabaya untuk menyediakan sentra vaksinasi untuk para penggerak ekonomi agar pemulihan ekonomi dapat dilakukan secara cepat sehingga herd immunity bisa segera tercipta," kata Antony.

Antony menambahkan kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dunia usaha mengakselerasi pencapaian kekebalan komunal di komunitas dunia usaha Surabaya. Sebab, Vaksinasi COVID-19 ialah salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan masyarakat di masa pandemu.

"Intinya, dukungan dari banyak pihak akan mendorong semakin luasnya cakupan vaksinasi sehingga kita bisa secepatnya melalui pandemi ini," pungkasnya.

(iwd/iwd)