Round-Up

Mencari Jejak Suap Jual Beli Jabatan Kades Saat Dinasti Bupati Probolinggo

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 09:17 WIB
kpk di probolinggo
KPK geledah rumah Bupati Probolinggo (Foto: M Rofiq/detikcom)
Surabaya -

Tim penyidik KPK mencari barang bukti terkait suap jual beli jabatan kades di Probolinggo. KPK menggeledah 6 lokasi yang berkaitan dengan dugaan korupsi yang menyeret pasutri Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin, Kamis (2/9/2021).

Di antaranya di rumah Bupati Probolinggo Jalan Ahmad Yani No 9 Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan, kantor pemkab, rumah dinas, Kantor Kecamatan Paiton dan Krejengan serta kantor Desa Karangren Kecamatan Pajarakan.

Di rumah milik Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin, semula 3 mobil tim penyidik datang sekitar pukul 11.00 WIB dan terus berdatangan hingga 9 kendaraan. Tim KPK sempat mengeluarkan mobil diduga milik Hasan Aminuddin dari garasinya. Mobil Jimmy keluaran terbaru nopol N 1015 QK warna hitam dibawa seorang pria berbaju batik motif coklat dari halaman samping rumah dan menghilang di tikungan.

Baca juga: KPK Bawa 5 Koper Usai 9 Jam Geledah Rumah Bupati Probolinggo

Di garasi rumah seluas 20 x 30 meter persegi tersebut tidak tampak lagi kendaraan yang kerap dipakai pasutri tersebut. Seperti Nissan Tera warna hitam N 1125 BS dan Rubicon warna putih B 1111 UJI. Yang ada hanya mobil Pajero N 1111 HT terparkir di dalam rumah tersebut.

Dua mobil polisi juga tampak masuk ke dalam rumah tersebut. Seperti saat bertemu KPK, penjaga rumah juga sempat menanyakan perihal kedatangan petugas tersebut. "Mau ambil mesin penghitung uang," kata seorang polisi menjawab pertanyaan penjaga rumah.

Sedangkan di kantor Pemkab Probolinggo 5 rombongan mobil tiba sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka menuju lantai 2 diduga ruangan Bupati Tantri.

Lihat juga vidoe 'Bupati Probolinggo Ditahan di Rutan KPK':

[Gambas:Video 20detik]