Akhirnya Surabaya Jadi Zona Kuning

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 14:58 WIB
Jawa Timur Zona Oranye dan Kuning, Ini Sebarannya
Zona COVID-19 di Jatim (Foto: Tangkapan Layar)
Surabaya -

Status Surabaya saat ini telah menjadi zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penyebaran COVID-19. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersyukur dengan capaian ini.

"Alhamdulillah kita mendapatkan kabar dan perhitungan nilai kita 2,41 atau naik 0,31, sehingga hari ini Surabaya menjadi zona kuning. Ini menjadi tantangan bagi kita semua, karena kita harus bisa menjadikan ini zona hijau," ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi usai menghadiri vaksinasi difabel di Gedung PKK Surabaya, Rabu (1/8/2021).

Eri mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Surabaya yang dengan kerja keras dan kerja samanya telah bersama-sama membuat Surabaya menjadi zona kuning. Tugas selanjutnya adalah membawa Surabaya ke zona hijau.

"Saya mengucapkan matur nuwun yang sangat kepada seluruh warga Surabaya. Sempat jadi zona merah di bulan Juli, zona oranye di bulan Agustus, dan awal September kita bisa mencapai zona kuning. Insyaallah dengan gotong royongnya jenengan, kekuatan dan kehebatan jenengan," ungkap Eri.

Sebelumnya Eri sendiri optimis Surabaya akan menjadi zona kuning. Itu setelah nihil atau tidak adanya zona merah di tingkat RT. Yang ada adalah beberapa zona oranye dan sebagian besar zona kuning dan zona hijau.

Status Surabaya menjadi zona kuning berbarengan dengan status zona kuning untuk 19 daerah lainnya sehingga total ada 20 daerah di Jatim yang statusnya saat ini adalah zona kuning.

20 Daerah itu adalah Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Ngawi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep.

Sementara daerah di Jatim dengan status zona oranye ada 18 yakni Gresik, Pacitan, Ponorogo, Magetan, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Nganjuk, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Lumajang, Jember.

Dan tak ada daerah dengan status zona merah dan zona hijau di Jatim.

(iwd/iwd)