Jawa Timur Zona Oranye dan Kuning, Ini Sebarannya

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 09:31 WIB
Jawa Timur Zona Oranye dan Kuning, Ini Sebarannya
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya - Penanganan kasus COVID-19 di Jawa Timur menunjukkan tren penurunan. Kini, Jatim telah terbebas dari zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penyebaran COVID-19.

Dari data yang dihimpun detikcom, di Jatim kini tinggal zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penyebaran COVID-19 dan zona kuning atau wilayah berisiko rendah penyebaran COVID-19.

Wilayah zona oranye ada di 18 kabupaten/kota di Jatim. Salah satunya Surabaya dan Sidoarjo yang kini masuk zona oranye. Sedangkan zona kuning ada di 20 kabupaten/kota di Jatim.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersyukur atas terbebasnya Jatim dari zona merah. Khofifah berterima kasih kepada seluruh pihak atas kerja keras dalam memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Alhamdulillah Jatim hari ini dinyatakan Satgas COVID-19 nasional bebas zona merah. Terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berjuang," kata Khofifah di Surabaya, Rabu (1/9/2021).

Kendati demikian, Khofifah berpesan agar protokol kesehatan di masyarakat tidak kendor. Khofifah ingin masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan mengikuti vaksinasi.

"Mari terus patuhi protokol kesehatan dan percepat vaksinasi untuk menuju Jatim Bangkit," pesan Khofifah.

Berikut pembagian zona di Jawa Timur:

Zona Merah (0 Wilayah)

Zona Oranye (18 Wilayah)
Gresik, Pacitan, Ponorogo, Magetan, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Nganjuk, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Lumajang, Jember.

Zona Kuning (20 Wilayah)
Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Ngawi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep.

Zona Hijau (0 Wilayah) (hil/fat)