Fakta Seputar Bupati Probolinggo Bareng Suami Terjerat Jual Beli Jabatan Kades

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 17:50 WIB
KPK melakukan OTT Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari. Sejumlah barang bukti pun diamankan, salah satunya uang tunai senilai Rp 362.500.000,00.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Surabaya -

KPK OTT Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin di rumah pribadinya, Jalan Raya Ahmad Yani No 9, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan. Keduanya ditangkap bersama 8 orang lainnya yakni beberapa camat dan ajudan, Senin (30/8/2021) dini hari.

Fakta ini dikumpulkan dari pemberitaan hingga hari ini Selasa (31/8/2021). Kabar mengenai OTT ini masih terus diperbaharui, fakta yang diketahui publik juga bakal berkembang. Fakta-fakta yang ada di antaranya:

1. KPK menetapkan 22 orang sebagai tersangka suap berkaitan dengan jual-beli jabatan kepala desa atau kades di Kabupaten Probolinggo. Dari 22 orang, baru 5 orang yang ditahan oleh KPK. Mereka akan ditahan selama 20 hari ke depan.

Sebelumnya, KPK OTT 8 orang terdiri beberapa camat dan ajudan Bupati Probolinggo. Mereka juga diperiksa di Polda Jatim beserta barang bukti 4 koper dan beberapa tas.

2. Bupati Probolinggo melaporkan harta kekayaannya ke Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) senilai Rp 17,3 miliar. Pada LHKPN, Puput terakhir kali melaporkan LHKPN pada 26 Februari 2021. Sedangkan Hasan terakhir kali melaporkan LHKPN pada 2 April 2019.

Koleksi kendaraan yang tercantum dalam LHKPN tidak banyak. Puput dan Hasan hanya memiliki satu unit mobil. Mobil yang dimiliki mereka adalah Nissan Juke. Dalam LHKPN Puput yang disampaikan pada 26 Februari 2021. Mobil itu diperoleh dari hasil sendiri. Nilainya ditaksir mencapai Rp 100 juta.

Baca juga: Ponorogo Jadi Tempat Masa Kecil Bupati Probolinggo yang Ditangkap KPK

Namun, di rumah pribadinya Jalan Raya Ahmad Yani No 9, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, ada beberapa mobil yang sering dipakai pasutri tersebut. Mobil-mobil itu diparkir di lahan sebelahnya eks Gedung Koperasi Probolinggo.

Tampak ada koleksi mobil Nissan Terra nopol N 1125 BS warna hitam dan Jeep Wrangler warna putih. Selain itu ada juga mobil dinas bupati Toyota Camry pelat merah N 1 MP.

3. KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin. Keduanya, pernah menjabat sebagai bupati Probolinggo dua periode. Dikutip dari laman KPU Probolinggo, Hasan Aminuddin diketahui merupakan Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem. Dia merupakan anggota DPR periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Bupati Probolinggo dua periode, yaitu periode 2003-2008 dan 2008-2013. Kala itu Hasan berpasangan dengan Timbul Prihanjoko. Paslon ini dikenal dengan julukan paslon HATI.

Jabatan bupati Probolinggo itu pun kemudian dilanjutkan oleh istrinya, Puput Tantriana Sari pada tahun 2013-2018. Puput dilahirkan di Ponorogo, 23 Mei 1983. Perempuan yang memiliki hobi olahraga Yoga dan memasak ini kemudian kembali terpilih menjadi Bupati Probolinggo hingga sekarang.