Vaksinasi 30 Ribu Dosis Jadi Kado Terindah HUT ke-827 Trenggalek

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 16:49 WIB
vaksinasi di trenggalek
Bupati Trenggalek dan Pangkoarmada II pantau vaksinasi di Stadion Menak Sopal (Foto: Adhar Muttaqien)
Trenggalek -

Komando Armada (Koarmada) II TNI AL Surabaya bersama Pemkab Trenggalek menggelar vaksinasi massal COVID-19. Sasarannya adalah 30 ribu pelajar dan masyarakat umum.

Vaksinasi tersebut digelar serentak di 24 lokasi di Trenggalek, dengan pusat pelayanan di Stadion Menak Sopal. Vaksinasi dilakukan selama dua hari terakhir.

"Sesuai dengan perintah Bapak Kasal, kami melaksanakan vaksinasi di seluruh jajaran dan kali ini kita bertemu di Trenggalek," kata Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto di Stadion Menak Sopal, Selasa (31/8/2021).

Menurut Iwan, gelontoran 30 ribu vaksin dosis pertama tersebut disuntikkan selama dua hari berturut-turut pada 30 dan 31 Agustus. "Ada 24 titik vaksinasi, di Stasion Menak Sopal ini, kemudian ada dua pesantren dan seluruh puskemas di Trenggalek," jelas Iwan.

Jenderal bintang dua ini mengaku alokasi puluhan ribu vaksin Corona itu diharapkan akan mempercepat target kekebalan kelompok atau herd immunity di wilayah Trenggalek.

"Semoga kami bisa bertanggung jawab, setelah satu bulan, Insyaallah kalau ada vaksin yang bisa kami gunakan bersama, maka akan kami alokasikan untuk Trenggalek yang sudah dapat vaksin pertama ini," imbuhnya.

Pangkoarmada II menambahkan selain di Trenggalek pihaknya juga telah melakukan vaksinasi di sejumlah lokasi di Jawa Timur. Bahkan rencananya pihaknya juga bakal menggelar vaksinasi di wilayah kepulauan.

"Selanjutnya pulau di dekat Surabaya, Pulau Bawean kami akan ke sana. Disiapkan kurang lebih ada 15 ribu dosis," jelas Iwan.

Sementara itu Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengatakan serbuan 30 ribu vaksin dari TNI AL tersebut merupakan salah satu kado terindah di momen Hari Jadi ke-827 Trenggalek.

Percepatan vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu harapan pemerintah daerah, sebab dengan vaksinasi yang masif, maka target kekebalan kelompok bisa segera terwujud.

"Untuk target vaksin ini salah satunya adalah pelajar dan pesantren, kami ingin mempersiapkan bisa segera dilakukan pembelajaran tatap muka," jelas Arifin.

Bupati Arifin menjelaskan sebelum dilakukan vaksinasi massal bersama TNI AL, jumlah capaian vaksin di Trenggalek baru mencapai 15 persen. "Namun dengan tambahan 30 ribu vaksin dari TNI AL maka meningkatkan menjadi 20 persen," katanya.

Khusus di Stadion Menak Sopal, kata Arifin dalam dua hari ini ditargetkan akan mampu memberikan suntikan 7 ribu lebih vaksin bagi masyarakat. "Sisanya dibagi di seluruh puskesmas di Trenggalek," kata Arifin.

(iwd/iwd)