Pembunuh Karyawan Warung Sate di Mojokerto Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 18:11 WIB
pembunuhan Karyawan Warung Sate di mojokerto
Pelaku pembunuhan saat ditangkap (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Polisi menerapkan pasal pembunuhan berencana terhadap Edy Susanto (39). Karena tersangka sudah merencanakan menghabisi nyawa Riski Ardiyanto (27), karyawan warung sate di Mojokerto.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander mengatakan, Edy sudah merencanakan pembunuhan terhadap Riski. Karena tersangka ingin lari dari tanggung jawab memperbaiki 2 ponsel pintar yang rusak setelah ia curi. Yakni ponsel milik calon mertua dan adik ipar korban.

Menurut dia, Edy lebih dulu menyiapkan pisau dapur sebelum berangkat bersama Riski ke tempat servis ponsel pada Selasa (24/8) siang. Pisau sepanjang 18 cm itu disiapkan tersangka sejak di tempat kosnya.

"Tersangka menyiapkan pisau di kosannya, pisau dibungkus dengan kaus kaki agar tidak melukai dirinya, lalu diselipkan di pinggang kirinya," kata Dony saat jumpa pers di Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Mojosari, Sabtu (28/8/2021).

Saat di tempat servis ponsel, Edy mengaku ke korban tidak mempunyai uang untuk membayar biaya servis Rp 200.000. Pengangguran asal Desa Wonorejo, Kecamatan Trowulan, Mojokerto ini berpura-pura akan meminjam uang ke adiknya.

Tanpa menaruh curiga, Riski mengantar tersangka. Pemuda asal Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Jombang ini membonceng Edy dengan sepeda motor Honda Scoopy warna merah putih nopol S 2550 NH.

"Tersangka diantar korban. Namun, tersangka membelokkan ke tempat yang sepi," terang Dony.