Satgas COVID-19 Banyuwangi Terus Pindahkan Warga Isoman ke Fasilitas Isoter

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 18:26 WIB
satgas COVID-19 banyuwangi
Dalam sepekan 234 warga isoman di Banyuwangi dipindahkan ke isoter (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Satgas Penanganan COVID-19 Banyuwangi terus bergerak cepat memindahkan warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) menuju fasilitas isolasi terpusat (isoter). Dalam sepekan Satgas COVID-19 Banyuwangi telah memindahkan 234 warga isoman yang dipindahkan ke lokasi isoter.

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi Mujiono, melakukan kunjungan ke beberapa isoter di Kecamatan Purwoharjo, Rabu (25/8/2021). Kunjungan ini untuk mengetahui kondisi isoter, setelah sepekan penerapan isoter dilakukan oleh pemerintah.

"Secara bertahap kami pindahkan warga yang isoman menuju lokasi isoter. Kami pindahkan dengan pendekatan persuasif," kata Eko.

Saat ini berdasarkan data, terdapat 133 warga yang masih melakukan isoman.

"Saya minta Satgas Kecamatan untuk secara persuasif mangajak warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah, agar dipindahkan ke isoter. Lakukan pendekatan yang baik, beri penjelasan bahwa ini untuk menghindari risiko yang lebih berat, seperti keterlambatan penanganan medis," tambah Dandim yang juga Wakil Ketua Satgas Banyuwangi itu.

Banyuwangi mempunyai 23 fasilitas isolasi terpusat yang tersebar di berbagai kecamatan. Selain yang ada di kecamatan-kecamatan, Banyuwangi juga memiliki tempat isolasi terpusat tingkat kabupaten, yaitu di Balai Diklat ASN yang berkapasitas 130 pasien, dan bisa dikembangkan hingga 150 pasien.

"Selain menekan potensi penularan, isolasi terpusat juga memudahkan tenaga medis dalam melakukan penanganan pasien untuk mempercepat pemulihan sekaligus bisa mengurangi risiko keparahan pasien," kata Eko.

Eko menambahkan Satgas COVID-19 di tingkat desa maupun kecamatan juga terus meningkatkan fasilitas isoter di lingkupnya.

"Kesiapannya terus kami tingkatkan, termasuk soal vitamin, obat, bed, oxymeter, makanan sehari-hari, kami cek terus," pungkas Eko.

Sementara itu Sekda Banyuwangi Mujiono menambahkan, saat ini Satgas COVID-19 Banyuwangi yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan stakeholder terkait terus melakukan upaya pemindahan warga isoman ke isoter.

"Terus kami upayakan, agar penularan COVID-19 ini tidak merebak tambah banyak. Tentu hal ini menjadi PR kami melakukan pemindahan ini sesuai dengan instruksi Presiden. Kami harap masyarakat bisa memahami dan mau untuk dipindah," pungkasnya.

(iwd/iwd)