Pemkab Banyuwangi Salurkan Sembako ke Pemandu Kawah Ijen

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 22 Agu 2021 19:02 WIB
bupati ipuk
Pemkab Banyuwangi memberikan bantuan sembako kepada para tour guide wisata Gunung Ijen (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kembali menyalurkan bantuan paket sembako kepada para pelaku wisata, kali ini untuk para tour guide (pemandu) di kawasan wisata Gunung Ijen. Ada 91 orang penerima yang disalurkan secara langsung di aula Kantor Kecamatan Licin.

"Bantuan ini memang tidak seberapa. Namun, ini adalah bentuk ikhtiar dari Pemkab Banyuwangi untuk bersama-sama dengan masyarakat yang kini terdampak berbagai kebijakan dalam rangka mengurangi persebaran COVID-19 di Banyuwangi," ungkap Ipuk kepada detikcom, Minggu (22/8/2021).

Sepanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilaksanakan pemerintah pada awal Juli 2021 lalu, seluruh destinasi wisata memang harus ditutup. Sehingga banyak para pelaku wisata yang tak bisa mengais rezeki dari sektor tersebut.

Oleh karena itu, Bupati Ipuk memohon maaf karena mengambil kebijakan yang tidak populis. Akan tetapi, hal tersebut adalah wujud dari perhatian pemerintah. "Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami terpaksa harus ada kebijakan PPKM. Hal ini semata-mata untuk pengendalian pandemi," ujar Ipuk.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ipuk mengajak seluruh masyarakat bersama-sama mematuhi protokol kesehatan.

"Jika kita disiplin menerapkan protokol kesehatan, insyallah persebaran COVID-19 akan segera menurun. Level PPKM Banyuwangi pun akan turut turun. Sehingga secara bertahap tempat wisata juga akan dibuka kembali, ekonomi bisa kembali bergerak," terang Ipuk.

Para penerima bantuan tersebut tergabung dalam dalam Himpunan Pemandu Khusus Wisata Ijen (HPKWI). Selama ini, mereka menjadi guide menemani para wisatawan.

"Selama PPKM ini memang sudah tidak ada aktivitas sama sekali," imbuhnya.

Atas bantuan dari Pemkab Banyuwangi ini, Ardi mengucapkan terima kasih. "Ini bisa membantu teman-teman," aku lelaki yang telah menjadi pemandu wisata di Ijen selama 8 tahun itu.

Sebelumnya, Pemkab Banyuwangi juga telah menyalurkan bantuan paket sembako kepada para pelaku wisata di kawasan Ijen. Tak kurang dari 215 orang. Mereka terdiri dari driver trooper, ojek troli, warung, dan pelaku usaha lainnya. Selain itu, bantuan juga diserahkan ke pelaku wisata di sejumlah destinasi, seperti Pulau Merah dan Pantai Mustika.

(iwd/iwd)