Detik-detik Lantai Dua Rumah di Surabaya Ambruk dan Tewaskan Satu Penghuninya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 13:15 WIB
Surabaya - Rumah milik Hari Musa tiba-tiba mengeluarkan suara gemuruh. Suara yang keluar sekitar pukul 08.30 WIB itu mengagetkan warga yang ada di Tambaksari Selatan gang 4.

Setelahnya diketahui bahwa lantai dua rumah tersebut ambruk. Padahal ada tiga orang yang ada di dalamnya. Tiga orang itu adalah Naufal Arianto (13), Fitri Rina Wulandari (38), dan Nani Sumarni (57).

Mereka adalah anak, istri, dan ibu dari Hari Musa. Hari sendiri tidak ada di rumah karena sudah berangkat bekerja.

""Saat itu hari Musa tak ada di rumah, sedang bekerja. Naufal dan Fitri berada di ruang tamu, sedang belajar daring. Sementara Marni ada di belakang," ujar Kapolsek Tambaksari Kompol Akhyar kepada detikcom, Rabu (25/8/2021).

Petugas dari damkar, linmas, PMI, Satpol PP, dan polisi yang datang segera melakukan evakuasi. Petugas dibantu warga yang melakukan evakuasi berhasil mengeluarkan para korban. Yang dievakuasi pertama kali adalah Naufal. Kemudian selanjutnya adalah Fitri Wulan. Dan yang terakhir adalah Marni.

Saat Fitri berhasil dievakuasi, terlihat petugas langsung memberi oksigen kepadanya. Usai evakuasi, para korban langsung dibawa ke RSU dr Soetomo.

Namun dalam perjalanan menuju rumah sakit, Fitri meninggal. Fitri meninggal sekitar pukul 10.06 WIB.

"Korban meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit, sekitar pukul 10.06 WIB," kata Akhyar.

Akhyar mengatakan lantai dua yang ambruk terbuat dari kayu dan bukan cor. Penyebab lantai ambruk dikarenakan kayunya yang sudah lapuk. Selain itu lantai dua juga diisi dengan barang yang cukup berat.

Akhyar mengatakan selain karena usia, lapuknya kayu tersebut juga dikarenakan rayap. Akhyar menyebut rumah itu sendiri dihuni sejak tahun 1960-an.

"Barang yang ada di lantai dua juga cukup berat. Ada lemari kayu, kasur, etalase, perabot pakaian, tas, dan lainnya," tandas Akhyar. (iwd/iwd)