Irwasum Polri Sapa Warga Kota Malang yang Isoter

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 12:43 WIB
Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto datang ke Kota Malang. Ia menyapa warga di tempat isolasi terpusat (isoter).
Komjen Agung berpesan agar warga memiliki semangat sembuh selama di tempat isoter/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang - Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto datang ke Kota Malang. Ia menyapa warga di tempat isolasi terpusat (isoter).

Sejak Rabu (18/8), puluhan warga Kota Malang yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah, dipindahkan ke isoter yang berada di Jalan Kawi.

Mereka dijemput oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kota Malang. Pemindahan untuk mempercepat proses penyembuhan serta memutus rantai penularan COVID-19.

Kepada warga isoman, Komjen Agung berpesan agar warga tetap memiliki semangat untuk sembuh, selama berada di isoter. Karena di isoter akan secara penuh mendapatkan pengawasan dari tenaga kesehatan.

Selain itu, kebutuhan obat-obatan untuk kesembuhan dari paparan virus COVID-19 juga tersedia. Pesan itu disampaikan Komjen Agung secara virtual kepada warga yang menempati isoter.

"Tetap semangat, selama di sini akan terawasi oleh tenaga kesehatan. Di sini bisa berjemur, obat-obatan juga tersedia. Dan kemungkinan bisa sembuh besar," ucap Agung di isoter Kota Malang Jalan Kawi, Kamis (9/8/2021).

Beberapa warga isoter berbincang dengan Komjen Agung. Mereka mengaku kondisi mereka semakin membaik. Berjemur adalah salah satu rutinitas yang dilakukan selama berada di isoter, selain pemeriksaan kondisi kesehatan secara berkala.

Komjen Agung juga mengucapkan terima kasih kepada Tim COVID-19, yang turut serta menjemput warga isoman untuk bisa tinggal di isoter selama proses penyembuhan.

"Terima kasih kepada Tim COVID Hunter yang sudah membawa warga ke isoter. Karena dengan begitu, bisa memutus rantai penyebaran virus COVID-19," ucap Agung.

Menurut Agung, warga sedang terpapar dan menjalani isolasi mandiri di rumah sangat rentan menularkan virus kepada keluarga. "Terbukti, ketika di sini, perawatannya dipantau dan bisa sembuh," tuturnya.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo bersama kapolres se-Malang Raya, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel (Inf) Irwan Subekti, serta Dandim 0833 Kota Malang Letkol (arm) Ferdian Primadhona turut mendampingi Komjen Agung selama berada di isoter Kota Malang.

Setelah itu, rombongan kemudian meninjau pelaksanaan vaksinasi di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki). (sun/bdh)