Deklarasi Relawan Ganjarist Menggema di Blitar Raya

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 14:01 WIB
Ganjar For Presiden Menggema di Deklarasi Relawan Blitar Raya
Foto: Istimewa (Dok Ganjaris Blitar Raya)
Blitar -

Dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024 mulai menggema di Blitar Raya. Dukungan itu dideklarasikan bertepatan 17 Agustus di sebuah rumah Jalan Palem Kota Blitar.

Ketua Ganjarist Blitar, Yusuf Wibisono memaparkan, aktivitasnya dimulai sejak 3 bulan lalu. Proses kaderisasi dan simpatisan hingga hari ini tercatat sebanyak 3.800 orang. Dan ditargetkan akan semakin bertambah tiap harinya.

Yusuf menegaskan, Ganjarist Blitar murni berasal dari relawan, yang tim intinya 120 orang pengusaha di Blitar Raya. Sementara lainnya, merupakan simpatisan yang berakar dari semua elemen masyarakat yang menginginkan Ganjar Pranowo maju sebagai Presiden RI dalam kontestasi 2024 mendatang.

"Ganjarist Blitar Raya murni berakar dan berasal dari relawan. Kami tidak berangkat dari merah hijau biru kuning, semua kami kesampingkan. Juga tidak ada kontaminasi partai politik dan LSM," tandas Yusuf saat dihubungi detikcom, Rabu (18/8/2021).

Para ganjarist mengklaim, dukungan ini murni dari relawan dan bebas dari kontaminasi kepentingan politik. Mereka mengusung Ganjar dengan dasar memantau kredibilitas dan kapabilitas Ganjar yang terbukti bisa memajukan Jawa Tengah sekarang.

Baca juga: Klarifikasi Ganjar soal Ambisi Pilpres, Ganjarist, hingga Colekan RK

"Dengan kredibilitas dan kapabilitas Pak Ganjar sebagai Gubernur Jateng dan hasilnya bagus sekarang, kami yakin Pak Ganjarlah yang mampu meneruskan program-program Jokowi sekarang. Harapan kami, nanti Pilpres 2024 Pak Ganjar mendapatkan rekomendasi dari parpol apapun. Syukur-syukur dari tempat menginduknya sekarang (PDIP)," jelasnya.

Apakah Ganjarist Blitar merupakan pendukung Jokowi, Yusuf menegaskan, relawan Ganjar di Blitar merupakan multi kaum. Ada yang dulu mendukung Prabowo, Sandiaga dan Jokowi. Mereka yang tergabung di Ganjarist Blitar merupakan kalangan pemikir, penggagas dan tokoh-tokoh di Blitar Raya.

Yusuf mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dewan Pemenangan Nasional (DPN) Ganjarist baik di Provinsi Jatim maupun Pusat di Jakarta. Jika ada yang menilai, gerakan mereka terlalu prematur karena tahun 2024 masih lama, Yusuf tidak pernah mempermasalahkannya.

"Banyak yang menilai deklarasi Ganjarist Blitar Raya terlalu dini. Premature. Akan tetapi tidak sama sekali bagi kami. Karena kinerja relawan jika waktunya instan akan dirasa sangat berat. Kami ingin meringankan beban kami sendiri di hari H nanti," ucapnya.

(fat/fat)