Terpopuler Sepekan

Klarifikasi Ganjar soal Ambisi Pilpres, Ganjarist, hingga Colekan RK

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 08:53 WIB
Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Foto: Pemprov Jateng)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo buka suara soal isu ambisi menjadi calon presiden (capres), relawan Ganjarist, hingga colekan dari Ridwan Kamil (RK) untuk berpasangan maju Pilpres 2024.

Isu ambisi maju Pilpres 2024 muncul ketika Ganjar tidak diundang acara PDIP di Semarang 22 Mei 2021 lalu yang dihadiri Puan Maharani. Ia dianggap berambisi maju capres salah satunya dengan pasukan di media sosial (medsos).

Beberapa kali Ganjar irit bicara soal isu itu. Namun ia menegaskan setuju dengan pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menegaskan jika para kader enggan menjadi petugas partai maka dipersilakan untuk keluar.

"Ya (kader) harus nurut, tegak lurus. Petugas partai harus nurut. Saya setuju," kata Ganjar 31 Mei 2021 lalu.

Ganjar juga menepis dirinya berkonflik dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Ia menegaskan hormat dengan putri Ketua Umum PDIP itu dan mengenang saat dirinya maju Pilgub Jateng 2013 dengan elektabilitas rendah namun tetap menang.

"Jadi teman-teman, saya mengikuti apa yang di medsos, sungguh-sungguh saya tidak enak, saya sangat hormat sama Mbak Puan, sangat-sangat hormat," kata Ganjar.

"Saya masih ingat dan belum lupa ketika elektabilitas saya sangat rendah di 2013 lalu, Mbak Puan-lah sebenarnya komandan tempurnya, itu tidak pernah lupa. Saya tidak punya modal saat itu, itu tidak pernah lupa, maka partai saat itu yang bergerak sehingga saya menang," ungkapnya.

Ganjar juga sudah mengklarifikasi soal ambisi maju Pilpres 2024. Menurutnya di PDIP sudah jelas hal itu diatur oleh Ketua Umum.

"Enggak lah, partai itu sudah punya aturan sendiri, di PDI Perjuangan itu seluruhnya keputusannya sesuai dengan Kongres V diserahkan kepada Ketum. Sudah titik, tidak ada komanya," kata Ganjar di kantornya, Rabu (2/6/2021).

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Simak video 'Ridwan Kamil Siap Nyapres 2024, Pilih Anies Atau Ganjar?':

[Gambas:Video 20detik]