Cuaca Buruk, Bendera Merah Putih Raksasa di Langit Banyuwangi Batal Dikibarkan

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 15:58 WIB
pengibaran bendera raksasa di banyuwangi batal
Pengibaran bendera raksasa di langit Banyuwangi batal karena cuaca buruk (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Pengibaran bendera Merah Putih raksasa berukuran 120x80 meter di langit Banyuwangi, batal digelar. Hal ini karena kondisi cuaca tak mendukung. Hujan deras dan angin kencang menyebabkan gabungan Polsek Tegaldlimo dan TN Alas Purwo kesulitan.

Bendera raksasa tersebut sedianya akan dikibarkan di atas hutan Alas Purwo menggunakan paramotor, Selasa (17/8/2021). Paralayang bermotor ini sedianya akan dipiloti oleh Sutikno, SH, Polhut Muda, Kepala Resort Kucur, SPTNW II Muncar, Balai Taman Nasional Alas Purwo dan seorang co-pilot.

"Dari kemarin hingga hari ini cuacanya tidak mendukung. Hujan deras dan angin kencang. Jika dipaksakan tentunya akan membahayakan pilot," kata Kapolsek Tegaldlimo AKP Bambang Suprapto kepada wartawan.

Dijelaskan Bambang, dalam beberapa hari terakhir ini kawasan Alas Purwo memang sering diguyur hujan lebat. Geografisnya yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia menyebabkan angin yang berhembus terasa sangat kencang.

Kondisi alam inilah yang selanjutnya menjadi kendala penundaan pengibaran bendera raksasa. Meskipun demikian, peringatan HUT ke-76 RI tetap dilakukan di atas langit Banyuwangi meskipun tanpa mengibarkan bendera raksasa.

"Karena kita sudah niat memperingati maka kita tetap naik tanpa pengibaran bendera raksasa. Rencananya akan tetap dikibarkan cuma perlu koordinasi lagi untuk keselamatan bersama," jelasnya.

Selain untuk merayakan HUT ke-76 RI, penerbangan paramotor ini sekaligus memastikan tidak terjadi kebakaran di hutan Alas Purwo Banyuwangi.

"Ini sebenarnya merupakan kolaborasi antara Polisi dengan pihak Taman Nasional Alas Purwo. Merayakan Kemerdekaan sekaligus kegiatan patroli udara," jelas AKP Bambang.

Untuk diketahui, dalam peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia ini, Polresta Banyuwangi juga sempat membekukan sementara seluruh lalu lintas di Banyuwangi.

Meskipun rencana pengibaran bendera raksasa berukuran 120x80 meter batal dilakukan, polisi Banyuwangi secara serentak telah mengibarkan bendera Merah Putih di jalan-jalan dan mengajak para pengendara jalan untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya.

(iwd/iwd)