Momen Atlet Angkat Besi Dapat Lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas-Uang Rp 500 Juta

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 12:28 WIB
Atlet Angkat Besi Dapat Lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas dan Rp 500 Juta
Gubernur Khofifah serahkan penghargaan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Atlet angkat besi Eko Yuli Irawan mendapat lencana Jer Basuki Mawa Beya emas dan uang Rp 500 juta dari Pemprov Jatim. Penghargaan ini diberikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa usai Upacara HUT ke-76 RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Usai mendapatkan tanda kehormatan ini, Eko mengaku bangga dan berterima kasih kepada Pemprov Jatim. Dia menyebut lencana ini memacunya untuk menorehkan prestasi lebih banyak lagi.

Diketahui, Eko sempat mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 dengan memenangkan medali perak di cabang olahraga angkat besi.

"Pastinya senang bangga, pemerintah provinsi Jatim konsisten memberikan apresiasi atlet yang punya prestasi, ini penghargaan settinggi-tingginya, mudah-mudahan ini bisa berkelanjutan memicu teman-teman untuk berprestasi lebih tinggi lagi," kata Eko di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (17/8/2021).

Eko menyebut ke depan masih ada sejumlah ajang tingkat nasional, ASEAN hingga Internasional yang akan diikutinya. Dia ingin bisa kembali menorehkan prestasi di ajang-ajang ini.

Sementara saat disinggung kesannya saat mengikuti Olimpiade Tokyo, Eko mengaku sempat kesulitan karena berlatih di tengah pandemi COVID-19. Eko menyebut lawan terbesarnya yakni virus Corona itu sendiri.

"Karena saat ini tengah pandemi berbeda dengan sebelumnya dan persiapan kita kurang bisa all out gitu dengan penerapan kesehatan dan keselamatan, tapi masih bisa dapat medali itu luar biasa," ujar Eko.

"Sekarang saya ngga mikirin lawan karena lawan terberat itu COVID-19, sekali positif kita akan pulang dan nggak bertanding, justru itu yang kita takutkan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung mengatakan Eko merupakan atlet angkat besi yang berprestasi. Dia menyebut Eko telah berhasil menyabet sejumlah medali.

"Eko Yuli satu-satunya anak bangsa, atlet yang di empat olimpiade selalu membawa medali. Pemerintah harus hadir ada memperhatikan anak bangsa yang berprestasi, itu wajib, masa depannya bagaimana, semuanya harus menjadi atensi pemerintah," pungkas Erlangga.

Di hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom punya acara seru untuk detikers yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui https://www.detik.com/parade17an/

(hil/fat)